Banyak Terdapat Bugs, Tizen OS Samsung Di Klaim Sebagai Sistem Operasi Yang Cacat

Banyak Terdapat Bugs, Tizen OS Samsung Di Klaim Sebagai Sistem Operasi Yang Cacat

satucode[dot]com. Pabrikan eletronik dan juga salah satu raksasa produsen smartphone terbesar asal Korea Selatan, Samsung di ketahui telah mengembangkan sebuah sistem operasi buatan mereka sendiri yang sedianya akan di terapkan ke seluruh produk buatan samsung. Namun kabar kurang sedap menerpa mereka setalah fakta terbaru terungkap jika sistem operasi yang di beri nama Tizen OS Samsung ini di ketahui memilik ribuan cacat pada source code yang di tulis oleh Progamer mereka.

Seorang peneliti keamanan digital Andrey Karpov, asal Rusia  melalui laman resmi milik mereka yang beralamat di viva64.com menjelaskan perihal banyaknya bug yang terdapat pada Tizen OS Samsunng. Dalam analisanya Karpov menyebut jika sistem operasi tersebut terdapat hampir 27.000 kesalahan pemrograman  yang bisa berakibat fatal jika tidak segera di lakukan perbaikan.

Bersama dengan timnya, Karpov telah meneliti sistem operasi tersebut menggunakan aplikasi buatan perusahaan mereka sendiri yang di beri nama PVS-Studio. PVS atau Program Verification Systems adalah alat analisa kode statis yang membantu programer melakukan analisa untuk menemukan dan memperbaiki bug dalam source code yang mereka tulis.

Seperti kita ketahui Tizen OS Samsung adalah sistem operasi  open source yang ditulis dalam bahasa pemrograman C / C ++ berbasis Linux yang mendapat dukungan dari Intel dan Samsung Electronics, telah mulai  dikembangkan sejak awal tahun 2012 dan dirancang untuk smartphone, tablet, smart TV, jam tangan pintar, kamera dan PC.

Ini bukanlah laporan pertama tentang betapa buruknya sistem operasi yang di kembangkan oleh Samsung. Pada April lalu seorang peniliti kemanan digital asal Isrel, Amihai Neiderman juga mengungkapkan fakta yang sama dengan mengatakan jika source code Tizen OS Samsung adalah  “kode terburuk yang pernah saya lihat” setelah dia memeriksa sistem operasi dan menemukan setidaknya 40 kerentanan 0day dalam source code Tizen.

Sementara itu pihak Samsung, melalui Youil Kim mengapresiasi temuan Karpov. Namun ia menolak jika laopran bug yang di sebutkan mencapai 27.00 bug. ” Kami sudah menyadari bahwa alat lain dapat menemukan cacat tambahan, namun kami tidak setuju dengan Tizen bahwa ada 27.000 cacat yang harus diperbaiki. Seperti yang Anda ketahui, banyak peringatan analisis statis sering dianggap sebagai masalah yang tidak signifikan” ujar Kim melalui surat yang di kirim ke Karpov.

 

Saat ini sistem operasi Tizen telah di pakai di hampir 30 juta Smart TV, jam tangan Galaxy Gear, kamera, peralatan rumah tangga dan beberapa smartphone yang dijual di negara-negara seperti Rusia, India dan Bangladesh.

Laporan lengkap tentang kerentaan ini bisa di lihat  disini.

(andra/sc)

 

loading…


Tags: