Mengerikan, Hacker Bisa Meretas Sistem Kapal Modern Dan Merubah Jalur Pelayaran

Mengerikan, Hacker Bisa Meretas Sistem Kapal Modern Dan Merubah Jalur Pelayaran

satucode[dot]com. Hasil penelitian yang di rilis oleh sekelompok peneliti keamanan digital mengungkapkan fakta yang cukup mengerikan, bahwa kini para hacker di nilai mampu meretas sistem kapal serta merubah jalur pelayaran. Hal itu di ungkapkan oleh seorang peniliti keamanan melalui akun Twitterya @x0rz, dalam beberapa cuitannya ia menjelaskan skema serangan yang menargetkan sistem navigasi kapal yang menggunakan jalur komunikasi satelit VSAT.

Di kutip dari The Next Web (19/07/2017), x0rz menggunakan trik sederhana yang biasa di lakukan oleh beberapa hacker dalam melakukan aksinya. Menggunakan sebuah mesin pencari khusus yang cukup populer di kalangan hacker, Shodan, ia mejelaskan bagaimana serangan yang ia praktekan untuk mengintip sistem navigasi kapal.

Menurutnya hanya berbekal mesin pencari Shodan dan beberapa keyword khusus ia bisa mengetahui letak atau posisi kapal serta detail informasi kapal. Apalagi kini mesin pencari khsusus hacker ini juga di lengkapi dengan fitur peta yang memungkinkan seseorang mengetahui lokasi kapal secara real time.

Selanjutnya dia mencoba untuk masuk ke sistem komunikasi satelit VSAT dengan menggunkan informasi login yang sudah ia persiapan melalui gathering information. Dalam kasusnya, ia justru mendapati username dan password login ke sistem VSAT hanya berupa login standar yang berisi username ADMIN dan PAssword 1234.

Setelah sistem disusupi, penyerang dapat dengan mudah melihat log panggilan di telepon VSAT, mengunggah firmware dan mengubah pengaturan sistem. Selain itu, sistem VSAT dapat dihubungkan ke perangkat lain di kapal dan digunakan sebagai jalan masuk untuk mendapatkan akses ke jaringan onboard kapal yang lebih luas. Ini akan memungkinkan hacker meretas sistem kapal yang menyebabkan kerusakan yang cukup besar.

Skenario serangan yang ia praktekan ini kemudian mendapat respon dari pihak manajemen dan perusahaan ekspedisi, Cobham yang bermarkas di Inggris. Kapal yang menjadi ‘ kelinci percobaan ‘ ini di kabarkan telah mendapat perhatian dengan segera mereset sistem mereka dan mengganti seluruh login kredensial ke sistem komunikasi satelit VSAT mereka.

 

Sekedar informasi sistem komukasi satelit VSAT tidak hanya di gunakan oleh beberapa kapal namun juga di gunakan  di beberapa pesawat terbang tertentu. Artinya, hacker tidak hanya bisa meretas sistem kapal namun pesawat juga rentan terhadap serangan yang seperti di skenariokan di atas. Seperti kita ketahui sistem komunikasi VSAT merupakan jalur komunikasi yang sangat umum di gunakanan pada kapal-kapal pelayaran besar, beberapa type pesawat terbang, pesawat militer dan penumpang, serta jet pribadi.

(andra/sc)

loading…


Tags:

One Response

  1. KangIjalJuli 26, 2017 at 1:20 amReply

    Hati-hati juga min kalau website jndonesia juga di hack sama orang yang tidak bertanggung jawab

Tinggalkan Balasan