Segera Hapus Nomor Ponsel Yang Tidak Terpakai Dari Kontak Facebook Anda, Ini Alasannya ?

Segera Hapus Nomor Ponsel Yang Tidak Terpakai Dari Kontak Facebook Anda, Ini Alasannya ?

satucode[dot]com. Sebuah laporan terbaru terkait isu keamanan akun media sosial besutan Mark Zuckerberg kembali mencuat. Seorang pria bernama James Martindale yang berprofesi sebagai seorang programmer komputer menjelaskan rincian bagaimana sebuah nomor ponsel yang tidak terpakai atau nomor ponsel lawas yang sudah tidak aktif namun masih terhubung dengan kontak facebook dapat di gunakan sebagai sarana untuk meretas akun media sosial facebook.

Dalam tulisannya seperti di lansir dari laman The Independent Jumat (21/7/2017),Martindale menyebut jika akun facebook anda bisa terancam di ambil alih oleh orang yang tidak bertanggng jawab hanya dengan bermodal informasi nomor posel lawas anda yang sudah tidak terpakai. Hal ini sangat mungkin terjadi lantaran banyak para pengguna facebook yang banyak mendaftarkan akun mereka melalui ponsel dan menerima kode konfirmasi melalui jalur sms ponsel.

Namun di sinilah letak permasalahanya, ketika nomor ponsel yang di daftarkan dan terhubung dengan akun facebook tidak aktif, maka bisa saja ada seseorang memanfaatkan kesalahan tersebut untuk mengambil alih akun anda. Triknya cukup sederhana dan tidak butuh keahlian khusus. anda hanya perlu mendatangi gerai atau layanan penyedia nomor ponsel sesuai dengan provider dan melakukan pemesanan sesuai dengan nomor ponsel yang terkait dengan akun facebook tersebut.

Ketika nomor tersebut berhasil di aktifkan maka pemilik nomor baru tersebut bisa mereset sandi akun facebbok anda melalui sms ke nomor lawas yang telah di aktifkan. Dan hasilnya bisa di tebak, dalam sekejap bisa di pastikan akun facebook akan segerea berpindah kepemilikan. Hal ini tentu menjadi sebuah kekhawtiran jika kemudian akun yang sudah berpindah tangan tersebut bisa saja di gunakan untuk melakukan penipuan atau sejenisnya terhadap kontak yang terdapat dalam akun facebook tersebut.

Menanggapi hal ini facebook mejelaskan jika skenario serengan seperti di atas merupakan bukan kesalahan dari sistem. Meskipun pihak facebook mempertimbangkannya sebagai ancaman nyata, namun mereka tidak memasukkan masalah ini dalam program Bug Bounty milik mereka.

“Facebook tidak memiliki kendali atas penyedia telekomunikasi yang menerbitkan ulang nomor telepon atau pengguna yang memiliki nomor telepon yang terhubung ke akun Facebook mereka yang tidak lagi terdaftar pada mereka” demikian alasan yang di kemukakan pihak facebook terkait isu keamanan akun jerjaring sosial milik mereka.

 

Oleh karena itu di himbau kepada seluruh pengguna facebook untuk mengecek informasi akun yang terkait dengan kontak atau nomor ponsel yang sudah tidak aktif untuk segera di hapus dari detail informasi akun facebook agar tidak di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

(andra/sc)

loading…


Tags:

No Responses

Tinggalkan Balasan