Lakukan 4 Hal Berikut Untuk Melawan CyberBullying Di Sosial Media

Lakukan 4 Hal Berikut Untuk Melawan CyberBullying Di Sosial Media

satucode[dot]com. Tindakan bully atau perundungan merupakan salah satu tindakan kekerasan terhadap orang lain baik melalui secara fisik atau dengan lisan. Dalam beberapa kasus, tindakan bully ini mengakibatkan trauma serius bahkan berujung pada kasus bunuh diri yang di lakukan oleh para korban perundungan.

Dengan meningkatnya popularitas media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi, kini marak terjadi kasus pembullyan yang banyak di lakukan melalui jalur sosial media. Bahkan seorang remaja di amerika serikat harus mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri karena tidak tahan terhadap bully yang di alamatkan kepadanya lewat internet.

Untuk anda yang pernah mengalami kasus pembullyan lewat media sosial, harus lebih punya rasa percaya diri untuk melawan tindakan pembullyan tersebut. Jangan menjadi lemah dan terpuruk, karena ejeken ayang anda terima.

Segera bertindak untuk melawan sehingga cyberbullying tidak semakin parah. Di kutip dari laman ConnectSafely, ada tiga tips yang bisa anda lakukan untuk melawan cyberbully di sosial media.

Jangan Merespons Semua Ledekan Terhadap Anda

Kamu tidak perlu merespons setiap komentar yang bersifat intimidatif, mencaci, mengejek, menghina, dan juga mencela. Jika kamu bereaksi, pelaku bullying akan puas dan akan terus-menerus melakukan hal ini. Bila perlu kamu cukup memblokir saja akun media sosial yang membully anda. Jika kamu tidak merepon setiap ejeken mereka lambat laun mereka akan capek sendiri.

Jangan Balas Dengan Ledekan

Mengalah bukan berarti kalah.Jika kamu bereakasi dengan membalas atau gantian meledek mereka itu tak ubahnya anda dengan mereka. Jadi keep calm, tidak usah terbersit untuk membalas dengen ledekan atau keinginan untuk balas dendam. Ibarat pepatah mengatakan ‘masuk kuping kiri, keluar kuping kanan’, kamu tidak perlu membalas dendam atas ejekan yang kamu terima. Jika kamu membalas secara terang-terangan, pelaku bullying akan terus membully anda bahkan mungkin dengan serangan yang lebih sadis.

Simpan Semua Bukti Cyberbully Terhadap Anda.

Alih-alih membalas cyberbully tehadap anda, lebih baik bagi kamu untuk meng-capture bukti bullying yang dilakukan di media sosial, baik itu berupa pesan, foto atau komentar. Hal ini kelak akan berguna sebagai bahan bukti jika kasus cyberbully terhadap anda sudah pada tingkat yang mengkwatirkan sehingga perlu untuk di laporkan ke pihak berwenang.

 

Jangan Membuat Status Yang Memancing Cyberbully

Ketika bermain sosial media kita di tuntut untuk menjadi pengguna yang bijak. Jangan sesekali mengupdate status yang memancing komentar buruk tentang postingan anda, sehingga cyberbully dapat di hindari. Manfaatkan media sosial untuk menjadi media mencari informasi, menjalin pertemaan, sehingga anda akan merasa nyaman menggunakan media sosial.

(andra/sc)

loading…


Tags: