Tingkatkan Keamanan, Google Kenalkan Fitur Google Play Protect Untuk Perangkat Android

Tingkatkan Keamanan, Google Kenalkan Fitur Google Play Protect Untuk Perangkat Android

satucode[dot]com.  Saat ini Android merupakan salah satu sistem operasi mobile paling populer di dunia. Laporan terbaru mencatat jika saat ini lebih dari 80 persen perangkat mobile menggunakan sistem operasi yang identik dengan warna hijau tersebut. Namun kepopuleran OS android ternyata juga berbanding lurus dengan resiko yang di timbulkan. Saat ini di tengarai ada jutaan malware yang mengancam pengguna perangkat dengan sistem Android. Mengantisipasi ancaman tersebut, kini Google telah merilis salah satu fitur yang di beri nama Google Play Protect guna lebih menjamin rasa aman penggunanya.

Pada ajang Google I/O 2017 silam, pihak google telah memperkenalkan fitur barunya ini kepada publik. saat itu fitur ini hanya bisa di gunakan kalangan terbatas pada pereangkat tertentu saja, namun kini fitur tersebut telah tersedia untuk semua jenis perangkat android.

Di lansir dari laman android.com fitur Google Play Protect  ini memaksimalkan jaminan kemanan perangkat dengan sistem android dari serangan malware atau perangkat lunak berbahaya.Fitur ini pada dasarnya adalah untuk menyatukan layanan keamanan milik raksasa teknologi Google seperti Verify Apps, browser protection, anti-theft, dan yang lainnya sehingga memudahkan pengguna untuk mengontrol sistem keamanan perangkat mereka.

Dengan fitur Google Play Protect ini pengguna akan mendapat rincian detail tentang aplikasi yang terpasang di setiap perangkat Android dan akan memberi tahu pengguna jika ada masalah.misalnya adanya perangkat lunak jahat yang terinstall atau kelemahan keamanan lainnya. Hal ini akan menjadikan pengguna  lebih teliti dan waspada sehingga dapat di lakukan tindakan pencegahan terhadap serangan berbahaya terhadap sistem perangkat mereka.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna di sarankan untuk menginstall lebih dahulu Google Play Services versi 11. Kemudian masuk ke menu sistem operasi Android  perangkat anda dengan cara klik Settings-> Google-> Security di mana Anda akan menemukan daftar lengkap aplikasi yang telah dievaluasi sejauh ini dan yang berisi masalah.

 

Google Play Protect terus bekerja di balik layar untuk menjaga perangkat, data dan aplikasi yang anda gunakan agar tetap aman. Fitur ini secara aktif akan memindai perangkat Anda terus-menerus guna memastikan Anda memiliki versi terbaru dalam keamanan mobile. Di samping itu perangkat Anda akan secara otomatis dipindai sekitar setiap satu jam, sehingga memberikan anda rasa tenang akan gangguan malware atau perangkat lunak berbahaya yang siap mengancam anda.

(andra/sc)

 

loading…


Tags:

One Response

  1. Fathan FirdausJuli 23, 2017 at 1:18 pmReply

    walah jadi makin aman dah kalo pake google play protect, btw untuk di Indonesia, aplikasi google play protect udah rilis belom?

Tinggalkan Balasan