Endless OS, Sistem Operasi Komputer Baru Ini Di klaim Anti Serangan Ransomware

Endless OS, Sistem Operasi Komputer Baru Ini Di klaim Anti Serangan Ransomware

satucode[dot]com. Serangan malware berupa ransomware terhadap sistem operasi kenamaan Windows beberapa waktu lalu ternyata mengilhami sebuah perusahaan komputer yang berbasis di Amerika Serikat untuk menciptakan sebuah sistem operasi yang di klaim kebal terhadap serangan tersebut. Adalah Endless OS, sebuah sistem operasi untuk pengguna komputer besutan Endless Computer USA yang secara resmi telah di perkenalkan di Indonesia pada 4 juli 2017 kemarin.

Dengan mengusung konsep sebagai sistem operasi khusus untuk negara-negara berkembang, sistem operasi ini mempunyai keunggulan pada segi keamanan yang di klaim kebal terhadap berbagai macam serangan malware,salah satunya adalah ransomware yang sedang marak akhir-akhir ini. Menurut Septira Taruna, Country Operations Endless,  ransomware akan sulit menembus sistem operasi Endless OS, hal itu berkat penggunaan system file OSTree yang bersifat read only.

Lebih lanjut Septira menjelaskan bahwasanya system file pada sistem operasi lain ada yang bisa diakses dan diubah oleh pengguna mana pun. Namun berbeda dengan Endless OS, system file OSTree hanya bisa diubah melalui Endless Updater, hal ini yang menjadikan Endles OS aman dari serangan malware.

Selain itu, menurut Director Software Engineering Endless Computers, Cosimo Cecchi menambahkan, Endless OS adalah sistem operasi komputer yang dibangun berdasarkan konsep Sandbox. Dengan teknologi ini memungkinkan sistem operasi untuk menjaga sistem mencurigakan di dalam komputer tetap tidak aktif. Hal ini yang menjadi poin utama yang menjadi pembeda dengan sistem operasi lainnya yang sudah ada di pasaran.

Dari segi jeroan, Endles OS yang pada dasarnya adalah sistem operasi berbasis linux ini sudah di lengkapi dengan berbagai aplikasi populer seperti aplikasi Writer, Spreadsheet, Presentation, email client, dan beberpa aplikasi untuk melakukan perkejaan kantoran, fungsinya kurang lebih mirip dengan Microsoft Office pada sistem operasi Windows. Untuk media sosial,Endless OS sudah terinstall Browser untuk berselancar seperti Google Chrome, Firefox, dan juga aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, dan WhatsApp.

Untuk prosesor, Endless OS sudah kompatibel dengan platform 64-bit dari Intel. Sementara minimal penggunaan RAM yang dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi ini adalah 1GB. Sistem operasi ini setidaknya menghabiskan memori 32GB untuk versi penuh, sedangkan versi dasarnya membutuhkan sekitar 16GB.

 

Urusan kartu grafis, Endless OS sudah dapat berjalan dengan kartu terintegrasi dari Intel. Begitu juga dengan konektivitas nirkabel, sistem operasi ini dapat bekerja dengan baik untuk Atheros, Broadcom, dan Realtek.Tak hanya itu, untuk urusan hiburan dan bermain game, sistem operasi juga sudah mendukung dengan platform game PC kenamaan, Steam. Jadi untuk anda penggemar game PC dapat memainkan sejumlah game populer yang dapat diunduh secara gratis dari platform milik Valve tersebut.

Jika anda tertarik ingin mencoba dan mengunduh sistem operasi ini, anda bisa mengunjungi situs resmi mereka yang beralamat di https://endlessos.com/id untuk informasi lebih lanjut.

(andrs/sc)

 

loading…


Tags: