Game Online Buatan Mantan Jurnalis Ini Melatih Kita Cara Membedakan Berita Asli Dan Hoax

Game Online Buatan Mantan Jurnalis Ini Melatih Kita Cara Membedakan Berita Asli Dan Hoax

satucode[dot]com. Semakin maraknya berita hoax atau berita yang belum tentu kebenarannya terutama di media online ataupun lewat sosial media menginspirasi seorang mantan jurnalis asal Amerika Serikat bernama Maggie Farley untuk menciptakan sebuah aplikasi permainan online yang bertujuan untuk melatih insting kita dalam cara membedakan berita asli dan hoax.

Seperti kita ketahui akhir akhir ini beredar berita berita bohong yang cukup masif peredarannya terutama melalui jalur sosial media  . Bagaikan sebuah virus, berita hoax terus menyebar dengan cepat, dan yang membuatnya semakin parah adalah ketidak tahuan netizen ataupun pengguna sosial media yang asal share atau membagikan berita yang belum teruji kebenarannya sehingga semakin banyak yang termakan isu bohong.

Berawal dari keprihatinan tersebut, Maggie Farley yang merupakan seorang mantan jurnalis senior bersama seorang rekannya menciptakan sebuah permainan atau game yang mengajak para pemainnya untuk mengidentifikasi berita hoax atau tidak. Di beri nama Factitious ini, permainan online ini desain dan antarmuka yang secara sepintas mirip dengan aplikasi kencan online Tinder.

Cara kerjanya, pemain akan disuguhkan artikel berita,setelah membaca artikel tersebut, pemain di persilahkan untuk menganalisan berita tersebut untuk menguji kebenarannya. Lantas kemudian para pemain bisa swipe ke kiri jika menilai artikel itu palsu atau swipe ke kanan jika menurut mereka artikelnya asli. Namun yang membuat game online ini berbeda adalah, pemain tidak bertujuan untuk mencari scrore atau sebagainya melainkan pemain akan mendapatkan sebuah pelajaran atau analisa yang di berikan aplikasi ini tentang kebenaran sebuah artikel, terlepas kita memilih swipe ke kiri maupn ke kanan hasilnya tetap akan ada sebuah analisa atau feedback  yang menjelaskan kebenaran artikel tersebut beserta sumbernya jika artikel tersebut adalah asli.

Seperti di lansir dari laman Ubergizmo (7/7/2017), menurut Farley, ia punya alasan menarik mengapa ia menciptakan permainan ber-genre seperti ini. Menurutnya, generasi milenial yang kini ada di bangku sekolah dan universitas, harus melek berita. oleh karena itu, ia menggarap Factitious untuk di tujukan bagi generasi tersebut.

Dengan dukungan dari Knight Foundation, Farley bersama dengan rekannya Bob Hone menggarap Factitious ini demi mengurangi penyebaran berita hoax serta mengedukasi para pengguna internet terutama para pengguna sosial media untuk tahu Cara Membedakan Berita Asli Dan Hoax. Ia pun ingin berharap para redaksi media, guru, organisasi mau pribadi  untuk bermain permainan ini, agar sadar akan ancaman berita hoax di internet.

 

Game buatan Farley ini memang sejatinya adalah game yang di desain untuk pengguna smartphone atau game mobile, namun game ini tidak muncul di App Store dan Google Play Store karena memang game ini tidak berbasis aplikasi namun sebuah game online yang di mainkan melalui browser. Jika anda tertarik dengan permainan ini, anda bisa langsung memainkannya melalui tautan berikut dari smartphone via browser atau juga bisa melalui browser desktop bagi pengguna komputer.

(andra/sc)

 

loading…


Tags: