Ransomeware Untuk Mac OS Beredar Di DarkWeb, Pengguna Mac Di Minta Waspada

Ransomeware Untuk Mac OS Beredar Di DarkWeb, Pengguna Mac Di Minta Waspada

satucode[dot]com.  Belum hilang ingatan kita tentang ganasnya Ransomeware WannaCry yang menginfeksi komputer Windows, kini pengguna komputer dengan sistem operasi Mac OS di buat ketar ketir dengan penemuan para peneliti keamanan digital terkait beredarnya serangan ransomeware untuk Mac OS yang source codenya mulai di perjual belikan di pasar gelap darkweb.

Selama ini Mac OS di kenal sebagai salah satu  sistem operasi yang di klaim aman untuk para penggunanya. Namun para peneliti dari sebuah firma keamanan digital Fortinet mengklaim telah menemukan indikasi adanya bahaya serangan Ransomeware yang menargetkan para pengguna Mac OS. Hal itu di dasari dengan adanya adanya promosi iklan di darkweb yang di klaim sebagai soure code untuk ransomeware dengan target Mac OS.

Dilansir dari HackRead (12/05/2017) Ransomeware ini di kenali dengan nama MacRansom, merupakan sebuah varian ransomware as a service (RaaS) yang menargetkan pengguna Mac Os. Meski contoh code yang di uji di nyatakan tidak begitu berbahaya layaknya wannacry, namun temuan ini jadi indikasi jika bahaya ransomeware bisa mengancam siapa saja para pengguna komputer.

Lebih lanjut,menurut penjelasan para periset Fortinet mengatakan jika MacRansom yang saat ini di uji di cyberlab mereka di ketahui hanya bisa menginfeksi 128 file saja. Namun ini hanya indikasi awal saja, belum di pastikan jika ada yang memodifikasi source code kelak jika benar-banar ransomeware ini beredar secara luas.

Seperti halnya Ransomware WannaCry, MacRansom juga di gunakan oleh para kriminal cyber untuk meraup keuntungan dengan uang tebusan dari para korbanya. Jika pengguna Mac OS terinfeksi Malware Mac Ransome ini akan di kenai uang tebusan menggunakan mata uang virual Bitcoin senilai 0,25 bitcoin atau setara dengan $ 700

Kini hanya tinggal menunggu waktu saja sampai benar-benar ada oknum yang berhasil meluncurkan serangan malware ini untuk para pengguna Mac OS. Untuk itu di harap para pengguna komputer dengan sistem operasi Mac OS untuk lebih waspada dalam beraktifitas sehingga bisa terhindar dari ancaman Ransomeware Untuk Mac OS ini.

Untuk hasil lengkap riset dari Fortinet bisa di lihat di sini.

(andra/sc)

 

loading…


Tags: , ,

No Responses

Tinggalkan Balasan