Waspada, Terdapat Malware Pada 800 Lebih Aplikasi Android Di Play Store.

Waspada, Terdapat Malware Pada 800 Lebih Aplikasi Android Di Play Store.

satucode[dot]com. Semakin meningkatnya popularitas pengguna gadget/smartphone dengan basis sistem operasi Android ternyata di barengi pula dengan kemunculan beberapa perangkat lunak jahat atau malware yang makin hari makin banyak di temukan oleh para peneliti keamanan. Salah satunya adalah malware Xavier  yang di deteksi telah menginfeksi setidaknya 800 lebih jenis aplikasi yang tedapat pada market resmi unduhan untuk pengguna Android, PlayStore.

Malware yang di juluki Xavier ini pertama kali di temukan oleh peneliti dari perusahaan keamanan digital Trend Micro. Di lansir dari situs resmi mereka http://blog.trendmicro.com (13/05/2017) Malware ini di sebut-sebut sebgai malware yang cukup berbahaya karena mampu memata-matai penggunanya serta mencuri data sensitif korban.

Keberadaan Xavier sebenarnya merupakan evolusi dari malware yang sudah di temukan sebelumnya pada akhir september 2016 silam. Merupakan varian malware yang berasal dari jenis malware AdDown yaitu jenis malware yang menginfeksi smartphone Android dengan tujuan untuk meraup pundi pundi uang dengan klik iklan pada aplikasi mereka.

Namun fakta lain yang cukup menarik adalah Malware Xavier ini di temukan menginfeksi pengguna smartphone android yang berada di kawasan asia tenggara dengan jumlah terbesar yang terinfeksi malware ini berada di negara Vietnam. Yang cukup mengejutkan ternyata Indonesia juga menjadi korban dari malware ini dengan jumlah prosentase sekitar 8%.

Sebagian besar Aplikasi yang terpapar oleh malware xavier ini adalah aplikasi visual untuk keperluan editor foto, wallpaper dan ringtone changer, Phone tracking, Volume Booster, Ram Optimizer dan pemutar musik-video. Untuk daftar lengkap aplikasi yang terinfeksi malware Xavier anda bisa melihatnya di sini.

Cara Terhindar Dari Ancaman Infeksi Malware

Cara termudah untuk mencegah diri Anda menjadi sasaran malware yang menyerang pengguna smartphone seperti Xavier ini, adalah selalu waspada terhadap aplikasi yang mencurigakan atau ketika anda mendapat kiriman aplikasi melalui email dari kontak yang tidak anda kenal, usahakan hanya menginstall aplikasi dari situs resmi atau Google Play Store.

 

Selain itu, selalu lihat ulasan di bawah yang ditinggalkan oleh pengguna lain yang telah mengunduh aplikasi dan memverifikasi izin aplikasi sebelum memasang aplikasi apa pun dan memberikan izin yang relevan sesuai dengan kegunaan aplikasi. Di samping itu sangat di sarankan untuk menginstall setidaknya satu aplikasi anti virus yang bagus dan bekerja dengan baik untuk mendeteksi dan memblokir malware ketika terdapat indikasi bahwa aplikasi yang anda unduh mengandung progam perangkat lunak berbahaya.

(andra/sc)

 




Tags: , , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. I AM RYLL 09Juni 14, 2017 at 1:09 amReply

    Jadi takut kehilangan data2 ane

Tinggalkan Balasan