Ternyata Sering Main Smartphone Sebelum Tidur Bisa Bikin Gemuk, Ini Alasannya

Ternyata Sering Main Smartphone Sebelum Tidur Bisa Bikin Gemuk, Ini Alasannya

satucode[dot]com. Bagi sebagian orang main smartphone atau gadget sebelum beristirahat malam atau menjelang waktu tidur sudah menjadi semacam keharusan atau ritual yang wajib di jalani. Beragam alasan yang melatarbelakangi kebiasaan tersebut, dari mulai update status di sosmed, ngecek email, atau bahkan hanya sekedar browsing untuk mencari tahu informasi terkini. Namun tahukah anda, ternyata keseringan bermain smartphone sebelum tidur bisa bikin seserorang menjadi gemuk, kok bisa ?

Di kutip dari Tech Insider (12/6/2017) para peneliti kesehatan mengungkapkan jika salah satu akibat terlalu lama bermain ponsel sebelum tidur adalah berkurangnya waktu tidur. Ini, secara langsung akan memicu rasa lapar. Hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, bahkan di saat malam sekali pun.Mau tak mau, jika hal tersebut rutin dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas.Bahkan dalam beberapa kejadian banyak juga pengguna gadget yang bermain smartphone di malam hari menjelang tidur sambil ngemil. 

Jika hal tersebut di lakukan secara terus menerus makan sudah tentu kan memicu kenaikan berat badan anda. Apaalagi jika tidak di imbangi dengan olah raga yang teratur dan istirahat yang cukup, maka jangan kaget jika dalam kurun waktu yang tak berapa lama celana anda akan sesak karena badan yang makin melar.

Namun ternyata bukan hanya obesitas yang menjadi bahaya akibat bermain smartphone menjelang tidur. Ada resiko kesehatan yang akan di alami pengguna jika kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur tidak segera di hentikan.

Salah satu penyebab utama mengapa bermain smartphone dalam jangka waktu yang lama sebelum tidur cukup berbahaya bagi kesehatan anda adalah akibat cahaya biru yang dipancarkan dari layar smartphone anda. Cahaya ini sebetulnya membantu pengguna dapat melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari. Namun jika layar digunakan dalam ruang gelap, cahaya biru justru tidak baik untuk kesehatan terutama kesehatan mata anda.

 

Selain tidak baik untuk kesehatan mata, bermain smartphone sebelum tidur juga bisa menimbulkan resiko kesehatan yang lain, berikut penjelesannya:

  • Kelelahan Otak

Terlalu lama bermain ponsel sebelum tidur ternyata membuat otak penggunanya kelelahan. Risiko bisa saja terjadi karena durasi waktu tidur terpotong, akibatnya aktivitas di keesokan harinya terganggu akibat otak yang terlalu lelah untuk bekerja.

  • Gangguan Syaraf

Kurangnya tidur akibat bermain ponsel terlalu lama juga membuat neurotoxin meningkat. Akibatnya, saraf-saraf tubuh akan terganggu jika kebiasaan ini kerap dilakukan secara terus menerus.

  • Mengakibatkan Depresi

Dari semua dampak buruk yang disebutkan di atas, risiko terberat yang dialami jika pengguna terus-terusan melakukan kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur ini adalah bahaya akan depresi.Depresi atau stress bisa saja terjadi akibat kekurangan tidur sehingga hormon melatonin akan terganggu dan merusak mood.

(andra/sc)

loading…


Tags:

2 Responses

  1. Bagus frasetyaJuni 15, 2017 at 6:50 amReply

    Gua kok gak gemuk gemuk ya gan, malah makin kurus

  2. Makin Canggih, Fitur Deteksi Wi-Fi Facebook Sudah Bisa Di Gunakan Di Indonesia. | satucode.comJuli 3, 2017 at 7:27 amReply

    […] mengeklik menu Find WiFi dalam aplikasi facebook mobile lewat smartphone,maka secara otomatis pengguna bisa menemukan lokasi hotspot WiFi di peta serta restoran mana yang […]

Tinggalkan Balasan