Waspada, Kecanduan Internet Ternyata Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi

Waspada, Kecanduan Internet Ternyata Bisa Picu Tekanan Darah Tinggi

satucode[dot]com. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan efek buruk penggunaan teknologi/gadget yang berlebihan terhadap kesehatan tubuh penggunanya. Di era kehidupan modern seperti sekarang manusia tak bisa lepas dari yang namanya gadget dan internet. Semua aktifitas manusia modern sebagian besar bergantung pada gadget dan internet.

Internet mempunyai peranan yang cukup besar terhadap aktivitas manusia sehari-hari, mulai dari urusan pekerjaan, hiburan, hingga transportasi. Namun di balik kemudahan yang di tawarkan, Internet ternyata menyimpan potensi yang merugikan bagi penggunanya terutama untuk kesehatan.

Penelitian terbaru yang di lakukan oleh sekelompok ilmuan kesehatan dari Swansea University dan Milan University, ternyata orang yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk berinternet bisa berdampak pada kondisi kejiwaan (psikis) manusia. Salah satunya adalah memiliki tingkat kecemasan (anxiety) yang tinggi serta berpotensi meningkatkan tekanan darah tinggi.

Di kutip dari BBC (Jumat (2/6/2017) para peneliti menggunakan sample dari kurang lebih 114 partisipan dengan rentang usia antara 18 sampai 33 tahun.  Para ilmuan menguji detak jantung (heart rate) dan tekanan darah (blood presure) para partisipan. Setelah di lakukan pengujian hasilnya sungguh mengejutkan.

Menurut hasil akhir yang di peroleh, terdapat perbedaan yang mencolok antara sebelum menggunakan internet dan sesudah menggunakan internet. Dalam laporanya terdapat kenaikan rata-rata 3 hingga 4 persen pada detak jantung dan tekanan darah pada partisipan yang intens menggunakan internet secara berlebihan.

“Orang-orang yang terlalu bergantung pada perangkat digital dapat membuat mereka depresi ketika mereka berhenti memakainya. Berkat riset ini kini tahu bahwa dampak psikis juga diikuti perubahan psikis sesungguhnya pada manusia,” ungkap Phil Reed, seorang peneliti dan Profesor di Swansea University.

Hal ini bisa menjadi acuan tentang bagaimana dampak penggunaan internet yang berlebihan bagi kondisi kesehatan penggunanya.Sebelumnya, studi yang sama juga pernah dilakukan oleh dua universitas di 2013, yang menunjukkan bahwa pengguna yang terlalu lama mengakses internet bisa mengalami kecemasan tinggi saat mereka berhenti memakainya.

oleh karena itu sangat disarankan untuk mengurangi frekuensi penggunaan internet yang secara berlebihan demi menjaga kondisi kesehatan kita. Karena seperti pepatah sesuatu yang berlebihan itu belum tentu baik.

(andra/sc)




Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. HasanJuni 5, 2017 at 9:08 amReply

    bahaya juga ya..
    soal nya ane maen 10jam perhari..

Tinggalkan Balasan