Serukan #Save_Indonesia, Hacker Retas Sistem Informasi Personel Bareskrim Polri

Serukan #Save_Indonesia, Hacker Retas Sistem Informasi Personel Bareskrim Polri

satucode[dot]com. Pasca penangkapan M2404 yang di duga pelaku peretasan terhadap situs milik Dewan Pers Republik Indonesia, sejumlah  pegiat IT tanah air yang tergabung dalam beberapa komunitas Undergound melakukan aksi peretasan atau defacing terhadap  laman milik Bareskrim Polri sebagai bentuk dukungan untuk kawan mereka yang telah di amankan oleh Div Cyber Crime Mabes Polri.

Dengan tagar #Save_Indonesia, hacker dengan codename SPEEDY-03 ft MIRAV meretas situs http://bareskrim.sipp.polri.go.id/personel yang merupakan Sistem Informasi Personel milik Bareskrim Polri.

Seperti kebanyakan ciri khas peretas, laman web yang sedianya merupakan akses login untuk para personel Polri berubah tampilan dengan latar warna hitam. Terdapat sebuah gambar anime, serta di iringi lagu nasional gugur bunga yang secara otomatis akan terdengar ketika laman web diakses.

Pesan yang di tinggalkan pelaku pada laman yang mereka deface menjadi indikasi tentang motiv peretasan yang mereka lakukan pada situs SIPP Bareskrim Polri tersebut.

Hacked By SPEEDY-03 FT MIRAV
Greetz : SPEEDY-03 – 5AR!US4D – JBRXXX – MHR27 – x404.hz – Gboys_Flush
BLACK ILLUSION SECURITY – SANJUNGAN JIWA
KORUPSI DIPENJARA 3 BULAN,SEDANGKAN TEMAN KAMI?
DIMANA KEADILAN DINEGERI INI?
#SAVE_INDONESIA
sh00tz:ice-cream – mirav – con7ext – 0n3r1d3r – GrenXPaRTa

Selain SIPP Bareskrim peretas juga menjahili Sistem Informasi Personel Polri milik  Polda Kalimantan Selatan (http://kalsel.sipp.polri.go.id/personel/) serta milik Polda Nusa Tenggara Barat (http://ntb.sipp.polri.go.id/personel/). Namun saat ini kedua laman milik Polda Kalsel Dan Polda NTB sudah normal, hanya SIPP milik Bareskrim Polri yang masih dalam keadaan Under attack.

Aksi peretasan oleh SPEEDY-03 FT MIRAV ini semakin menambah daftar panjang situs-situs milik pemerintah yang menjadi korban kejahilan para peretas. Meskipun ancaman hukuman berdasarkan UU ITE terhadap aksi ilegal dengan memasuki sistem yang tidak sah seperti itu tidaklah main main, namun apa yang di lakuan oleh peretas ini juga menjadi gambaran betapa masih rentannya sistem atau laman online milik pemerintah.

Semoga dengan kejadian peretasan terhadap SIPP Bareskrim Polri tersebut bisa membuka mata para developer ataupun sysadmin untuk menciptakan sistem yang benar-benar aman untuk para penggunanya.

(andra/sc)




Tags: , ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan