Makin Aman, Windows 10 Kini Di lengkapi Dengan Fitur Anti Ransomware

Makin Aman, Windows 10 Kini Di lengkapi Dengan Fitur Anti Ransomware
Makin Aman, Windows 10 Kini Di lengkapi Dengan Fitur Anti Ransomware

satucode[dot]com. Setelah menjadi bulan-bulanan serangan dua ransomware, WannaCry dan Petya(NotPetya/GoldenEye) yang menargetkan sistem operasi Windows, kini para insinyur pengembang sistem operasi besutan Bill Gates, Windows 10 di kabarkan telah meluncurkan salah satu fitur andalan guna mengatasi serangan ransomware di masa mendatang. Fitur anti ransomware Windows 10 ini akan sepaket dengan fitur kemanan lainya pada update/pembaharuan sistem yang rencananya akan di rilis september 2017 mendatang.

Di lansir dari laman resmi Windows (28/06/2017), secara resmi raksasa teknologi tersebut meluncurkan paket fitur kemanan untuk menangkal serangan ransomware yang menargetkan sistem operasi buatan mereka. Di bundling satu paket dalam pembaharuan terakhir bersama dengan tool anti exploit program EMET(Enhanced Mitigation Experience Toolkit) fitur anti ransomware Windows 10 ini berfungsi untuk membentengi folder atau file pada sistem komputer dari modifikasi atau akses yang tidak sah.

Di beri nama Controlled Folder Access, fitur ini adalah bagian dari Windows Defender yang menghalangi upaya aplikasi yang tidak sah untuk membuat modifikasi pada file penting milik Anda yang berada di folder yang sudah terproteksi dengan fitur baru Windows 10 ini. Aplikasi yang sudah terdaftar kemudian hanya dapat mengakses folder yang sudah terproteksi. Anda dapat menambahkan atau menghapus aplikasi dari daftar, di samping itu sistem akan otomatis mengenali aplikasi mana yang mencoba mengakses folder dan menempatkannya dalam daftar.

Setelah diaktifkan, fitur ini akan melindungi sistem dari  upaya untuk mengakses atau memodifikasi file yang dilindungi oleh aplikasi yang tidak masuk dalam daftar aplikasi yang sudah di buat sebelumnya. Secara otomatis  Windows Defender akan memblokir upaya tersebut, sehingga mencegah serangan ransomware untuk mengenkripsi file penting Anda.

 

Selain itu, Windows 10 juga akan menambahkan fitur keamanan lain guna lebih meningkatkan keamanan penggunanya. Menurut juru bicara resmi dari Microsoft, kedepan windows 10 juga akan di lengkapi dengan fitur keamanan Windows Defender Application Guard (WDAG) yang berfungsi untuk melindungi session dan cookies pengguna dalam berselancar internet. Jadi semua data session pengguna ketika browsing tidak akan tersimpan dalam browser namun akan tersimpan dalam aplikasi Application Guard.

Untuk informasi yang lebih mendetail anda bisa mengunjungi blog resmi mereka, Di Sini.

(andra/sc)

loading…


Tags: , , ,