Pasca Serangan WannaCry, Produsen Anti Virus Ramai Ramai Bikin Penangkal

Pasca Serangan WannaCry, Produsen Anti Virus Ramai Ramai Bikin Penangkal

satucode[dot]com. Serangan ransomeware WannaCry telah membuka mata banyak pihak tentang arti pentingnya sebuah kemanan digital. Bahkan wabah WannaCry ini telah memaksa otoritas pemerintah termasuk Indonesia harus turut andil mengambil langkah penanganan penyebaran virus ini dengan dengan mengeluarkan himbuan secara resmi kepada masyarakat pengguna komputer.

Tak ketinggalan,pembuat anti virus sebagai pihak yang paling berkompeten dengan masalah ini juga di paksa membuat ramuan agar penyebaran malware ini tak semakin melebar. Meski kini penyebaran WannaCry terhenti, namun tak ada jaminan jika serangan serupa tak akan kembali terjadi di kemudian hari. Mengingat terdapat jutaan komputer di seluruh dunia yang vuln terhadap exploit SMB ini di khawatirkan serangan malware dengan memanfaatkan kerentanan ini kembali terjadi.

Untuk itu banyak Produsen antivirus ternama seperti Symantec, Kaspersky, F-Secure juga beramai ramai mengeluarkan update anti virus mereka guna menangkal serangan wannacry ini. Bahkan anti virus lokal buatan Indoensia,SMADAV juga ikut serta mengembail langkah preventif  guna melindungi komputer penggunanya dari serangan malware ini dengan mengeluarkan update terbaru mereka.

Meski fitur yang terdapat dalam antivirus Smadav tidak selengkap aplikasi keamanan lain, namun antivirus lokal ini terbilang sigap mengikuti perkembangan isu keamanan digital yang sedang marak terjadi. Tak butuh waktu lama setelah WannaCrypt menyerang, Smadav langsung memberikan update terbaru ke penggunanya.

Sedikit berbeda dengan yang dilakukan oleh Smadav sebelumnya, anti virus yang identik dengan warna hijau ini melakukan update anti virusnya dengan menggratiskan kepada seluruh pengguna anti virus buatannya. Hal ini jarang dilakukan Smadav kecuali pengguna berbayar, Smadav mewajibkan penggunanya untuk melakukan update secara manual tiap ada versi baru.

Untuk anda pengguna komputer yang menggunakan Smadav baik yang free maupun yang berbayar sebagai antivirus untuk perangkat komputer anda di sarankan untuk segera mengupdate anti virus milik anda ke versi Smadav 2017 Rev. 11.4.Dengan penggunaan resource CPU lebih ringan saat proteksi aktif serta penambahan database 404 virus, antivirus buatan lokal ini juga di lengkapi dengan kemampuan Anti-Ransomware untuk pencegahan Ransomware (WannaCry 1 dan Wanna-Cry 2.0).

Karena mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

(andra/sc)




Tags:

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan