Situs Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Di Hack, Peretas Sindir Korupsi E-Ktp.

Situs Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Di Hack, Peretas Sindir Korupsi E-Ktp.

satucode[dot]com. Terbongkarnya kasus mega korupsi pengadaan  kartu tanda penduduk elektronik atau yang di kenal dengan sebutan e-ktp yang menyeret beberapa nama -nama pejabat besar  di negeri ini menjadi keprihatinan kita semua. Dalam beberapa pernyataanya terdakwa kasus korupsi yang bernilai triliyunan tersebut juga menyeret nama nama dari beberapa partai di Republik ini.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai salah satu partai besar di Indonesia rupanya juga ikut tersadung kasus mega korupsi tersebut. Salah satu kader partai berlambang ka’bah tersebut ikut di sebut sebagai salah satu orang yang di duga menerima suap terkait proyek pengadaan e-ktp.

Entah secara kebetulan atau memang sengaja, seorang peretas dengan codename Jack Trump dari komunitas underground yang menyebut diri mereka Indonesia Defacer Tersakiti, terlihat melakukan aksi pembobolan terhadap situs milik partai yang identik dengan warna hijau tersebut.

Menurut pantauan satucode sejak pukul 22 WIT (03/04/2017) situs Partai Persatuan Pembangunan yang beralamat di http://www.ppp.or.id mengalami perubahan tampilan dengan dominasi warna hitam. Terdapat gambar lambang partai PPP serta beberapa tulisan di bawahnya.

MELU KORUPSI e-KTP ORA ? LEK ORA MELU NITIP INDEX AE

JACK TRUMP INDONESIA DEFACER TERSAKITI & INDONESIA HACKER RULEZ
contact me : fb.com/defacertersakititeam/

” Ikut korupsi e-ktp tidak ? kalo tidak ikut nitip index aja “. Demikian kira-kira pesan yang ingin sampaikan peretas tersebut. Mungkin ini hanya sebuah sindiran untuk para elite partai tersebut mengingat ada  nama kader partai PPP yang juga di duga terseret kasus tersebut.

Ketika satucode berusaha menelusuri informasi melalui kontak facebook yang di berikan tersebut ternyata bukan hanya situs milik partai PPP saja yang menjadi targetting attack, namun situs milik pimpinan partai Roma Hurmuziy yang berlamat di http://www.romahurmuziy.com juga terlihat berganti tampilan serupa dengan website milik PPP.

Kejadian ini mengingatkan kita tentang masih betapa lemahnya pertahanan situs situs di tanah air. Apalagi situs milik Partai besar seperti PPP yang nota bene merupakan salah satu partai tertua di Indonesia tentu kejadian ini menjadi tanda tanya besar bagi kita tentang semua sejauh mana sistem pengelolaan website tersebut.

Aksi aksi peretas seperti ini yang menjadikan website high profile untuk mencurahkan keluh kesahnya atau hanya sekedar mengkritik kebijakan pemerintah sudah seyogyanya menjadi pelajaran berharga bagi para sys admin atau pengelola website di Negeri ini. Mengingat betapa pentingnya peranan sebuah website di era sekarang sebagai salah satu akses termudah untuk mencari informasi yang di butuhkan masyarakat.

Selang beberapa jam kemudian website yang sedianya menyajikan informasi seputar kegiatan partai persatuan pembangunan tersebut telah di tangani oleh admin website. itu terlihat dari halaman yang berubah dari semula menampilkan halaman deface kini berganti dengan page under construction. Note: Pelaku peretasan mengarsipkan aksinya di sini

(andra/sc)

loading…