Penemu Internet, Robert William Taylor Meninggal Dunia

Penemu Internet, Robert William Taylor Meninggal Dunia

satucode[dot]com. 85 tahun yang lalu tepatnya 10 Februari 1932 di Dallas , Texas , Amerika Serikat telah lahir seorang bayi laki laki yang kelak kemudian namanya akan melegenda dan di kenal sebagai salah satu orang paling penting di dunia teknologi komunikasi internet saat ini. Robert William Taylor, atau biasa di panggil Bob Taylor merupakan seorang yang pertama kali menemukan internet pada 50 tahun silam hingga akhirnya kini ia di juluki sebagai Bapak Internet atas penemuanya tersebut.

Risetnya tentang Internet di mulai ketika ia mulai bekerja menjadi seorang peneliti di Advanced Research Project Agency atau ARPA pada tahun 1960. Bersama sama dengan Bill Duvall di Stanford, Len Kleinrock di UCLA, dan seorang programmer berusia 21 tahun bernama Charley Kline menggunakan tiga perangkat terminal komputer secara terpisah.

Mereka mulai mengembangkan riset mereka tentang teknologi yang bisa menghubungkan orang-orang meski hanya duduk di depan komputer.Setiap terminal yang terkoneksi ke komputer yang berbeda, digunakan untuk berkomunikasi dengan rekannya yang berada di Universitas Berkeley, MIT, UCLA, dan Stanford.

“Untuk berhubungan dengan seseorang di Santa Monica melalui komputer, saya duduk di depan terminal, tetapi untuk melakukan hal yang sama dengan seseorang di Massachusetts, saya harus berdiri dan berpindah ke terminal lainnya,” ungkap Taylor saat itu.

Atas jasanya bagi perkembangan teknologi Internet,Robert W. Taylor pun sempat mendapatkan penghargaan dari Presiden Amerika Serikat ke 42 Bill Clinton. Ia berhak atas medali kehormatan National Medal of Technology. Namun sayangnya, Taylor enggan mengambil piagam penghargaan tersebut dengan alasan yang ia sendiri yang tahu.

Teknologi yang kemudian kita kenal dengan sebutan internet telah menjadi sejarah peradaban manusia saat ini. Namun kini sang Bapak Internet telah tiada, Beliau meninggal di kediamannya Woodside, California pada 13 April 2017 akibat penyakit parkinson yang di deritanya. Tutup usia pada 85 tahun Robert W. Taylor meninggalkan tiga orang anak Derek, Erik, dan Kurt Taylor.

Selamat jalan Mr.Robert ,selamat jalan Bapak Internet.

(andra/sc)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan