Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Minta Bigo Live Di Blokir

Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Minta Bigo Live Di Blokir

satucode[dot]com. Wacana pemblokiran terhadap aplikasi berbasis video broadcast Bigo Live kembali Mencuat. Hal itu di sampaikan oleh Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Muhammad Misbakhun pada  rapat kerja antara Badan Legislatif DPR RI dengan Kominfo, terkait isu penting dan strategis dalam revisi Undang-Undang penyiaran,bertempat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Menurut Anggota DPR RI yang yang akrab di sapa Misbakhun ini, layanan semacam  Bigo Live berpeluang merusak tatanan dan konstruksi sosial budaya Indonesia kalangan anak muda Indonesia. Lebih lanjut menurut dia tidak ada manfaat tayangan dan Bigo Live bagi Indonesia. Secara ekonomi, menurut dia, negara tidak mendapat apa-apa. Pajak tak ada, demikian juga secara edukasi tidak dapat. Justru konstruksi tatanan sosial masyarakat menurutnya bisa terdistorsi.

“Saya mendukung keseriusan pemerintah menutup tayangan tersebut sembari menata regulasi yang sesuai dengan nilai kemasyarakatan Indonesia, Karena tidak ada manfaat dan lebih banyak mudharatnya, maka Bigo Live layak diblokir oleh pemerintah”  kata Misbakhun.

Siapa yang tak kenal dengan layanan video live streaming Bigo Live. Aplikasi berbasis chat video yang bermarkas di Singapura ini begitu di gemari di kalangan anak anak muda Indonesia. Dengan cara penginstalan yang cukup mudah serta tersedia untuk platform android dan iOs aplikasi buatan Bigo Ltd ini populer di kalangan netizen yang ingin narsis secara live di dunia maya.

Namun pada awal Desember 2016 silam layanan live streaming ini di blokir oleh pemerintah melalui kementrian telekomunikasi dan informatika. Dengan alasan jika Bigo Live telah menjadi ajang video broadcasting dengan unsur ketelanjangan.Namun demikian, pemblokiran akses terhadap layanan video srteaming Bigo sejauh ini hanya sekadar pada pemblokiran di level Domain Name System (DNS).

Kemudian pada awal Januari 2017 pemblokiran terhadap akses video streaming Bigo Live kembali di buka. Pemblokiran tersebut dicabut karena Bigo sudah memenuhi syarat yang diminta oleh Kemenkominfo. Syaratnya terdiri dari membuka kantor perwakilan di Indonesia, mempekerjakan tenaga kerja lokal, dan menghapus konten negatif. Namun entah mengapa isu pemblokiran itu kembali mencuat.

(andra/sc)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. Zona SehatApril 5, 2017 at 1:37 pmReply

    moga kesampaian yak pak dpr, supaya jgn ada lagi esek esek di indonesia

Tinggalkan Balasan