Terungkap,iPhone Dan MacBook Juga Jadi Korban Peretasan CIA.

Terungkap,iPhone Dan MacBook Juga Jadi Korban Peretasan CIA.

satucode[dot]com.WikiLeaks kembali merilis daftar temuan mereka seputar aksi peretasan dan spionase yang di lakukan oleh Badan Intelejen Amerika Serikat,CIA.Setelah sebelumnya mengungkap fakta perihal aksi ilegal CIA yang terdapat dalam dokumen yang di juluki Voult 7 kini mereka kembali mengunggah dokumen lain yang berisi fakta baru yang  cukup mengejutkan,ternyata pengguna iPhone dan MacBook juga menjadi target aksi spionase CIA.

Dalam unggahan di situs resmi mereka yang di rilis pada 23 maret lalu, di sebutkan jika antara rentang waktu 2009 hingga 2013 atau kurang lebih selama 4 tahun para pengguna produk keluaran Apple,iPhone dan MacBook telah terpapar malware yang sengaja di tanam oleh para agen CIA yang di gunakan untuk meretas perangkat mereka sehinga CIA memilik akses untuk mencari informasi di dalam perengkat yang mereka gunakan.

Dalam dokumen yang di beri nama “Dark Matter” tersebut, WikiLeaks menyebut jika aksi peretasan terhadap iPhone dan Macbook adalah dengan mengakses perangkat Apple secara langsung dan menginfeksinya dengan malware. Caranya adalah dengan membongkar pengiriman perangkat-perangkat Apple, sebelum mengirimkannya kembali ke mana pun tujuan asalnya.

Dalam keterangan lainya di sebutkan juga sebuah project pada 2012 yang di beri nama “Sonic Screwdriver” yaitu sebuah tool yang di desain  untuk mengeksekusi kode pada perangkat periferal sementara laptop Mac atau desktop sedang booting.Metode hacking yang dijelaskan dalam dokumen ini memungkinkan akses ke firmware Mac menggunakan adaptor Ethernet yang ditancapkan ke port komputer Thunderbolt.

Hal ini memungkinkan hacker untuk mengirimkan malware dari perangkat periferal  seperti USB stick atau hard drive eksternal bahkan ketika password firmware diaktifkan pada perangkat.Tool ini di kembangkan oleh divisi khusus CIA, Embedded Development Branch (EDB) yang juga merupakan pengembang tool hacking CIA Weeping Angle yang di desain khusus untuk menginfeksi perangkat Mac dan iOS.

Sementara itu menurut pihak Apple, mereka mengklaim sudah menambal semua celah keamanan yang ada. Menurut mereka, hanya iPhone 3G yang terkena dampak malware milik CIA tersebut. Sementara celah keamanan di Mac sudah diperbaiki di Mac keluaran 2013 ke atas.

(andra/sc)

loading…