Ternyata Ini Penyebab Situs Bukalapak Dan TokoPedia Tidak Bisa Di Akses Kemarin.

Ternyata Ini Penyebab Situs Bukalapak Dan TokoPedia Tidak Bisa Di Akses Kemarin.

satucode[dot]com. Para pengguna Internet yang ingin berbelanja online pada siang kemarin (01/03/2017) di pastikan akan merasa kesal dan kebingungan. Pasalnya tiga situs e-commerce terbesar tanah air, Tokopedia,BukaLapak dan JD.id kompak tumbang secara bersamaan, hingga tidak bisa di akses oleh penggunanya selama berjam-jam.

Hi, maaf atas kendalanya. Saat ini sedang terjadi kendala pada sistem dan server Tokopedia,” cuit @tokopedia melalui akun twitter mereka.

“Namun, kendala ini sudah dalam penanganan tim terkait. Mohon menunggu dan cek berkala ya. Terima kasih,” lanjut @tokopedia.

Sementara itu pihak BukaLapak dalam keterangan resminya melalui Ibrahim Arief, VP of Engineering Bukalapak mengatakan ” system down, Bukalapak ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pengguna,” kata Arief.

Namun selang beberapa jam kemudian terungkap mengapa situs e-commerce sebesar itu bisa down secara bersamaan dan dalam waktu yang cukup lama.

Ternyata biang keroknya adalah masalah listrik padam pada gedung data center milik mereka yang di kelola oleh pihak Biznet. Hal itu di katakan oleh pihak BukaLapak “Selain itu, kami ingin memberikan klarifikasi bahwa peristiwa tersebut disebabkan oleh permasalahan listrik yang mati total di data center Bukalapak yang ditangani oleh Biznet,” papar Ibrahim Arief sembari menambahkan bahwa isu ini tidak terkait masalah sekuriti situs.

Secara terpisah pihak Tokopedia melalui CEO-nya William Tanuwijaya mengaminkan pernyataan tersebut.“Saat ini mitra data center kami yang berada di Indonesia sedang mengalami gangguan,” ujar William.

Hal ini kemudian menepis isu yang sedang berkembang di kalangan netizen jika tumbangnya tiga situs e-commerce tersebut adalah masalah keamanan atau security system pada situs mereka.

(andra/sc)

loading…