Temukan Bug Yang Memungkinkan Naik Uber Secara Gratis,Hacker Ini Dapat 66 Juta Rupiah

Temukan Bug Yang Memungkinkan Naik Uber Secara Gratis,Hacker Ini Dapat 66 Juta Rupiah

satucode[dot]com. Bagi anda yang gemar bepergian melalui transportasi darat,mungkin uber adalah satu pilihan transpostasi saat ini yang patut anda coba. Layanan trasportasi berbasis online asal San Francisco, California ini, menciptakan aplikasi mobile yang menghubungkan penumpang dengan pemilik kendaraan yang menyewakan kendaraannya. Perusahaan ini telah melayani penjemputan di berbagai kota di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Mobil dipesan dengan menggunakan sebuah smartphone yang telah terinstall aplikasi Uber.

Baru baru ini Uber mengadakan progam pencarian celah keamanan atau yang lebih sering di kenal sebagai Bug Bounty Program. Bekerja sama dengan hackerone Bug Bounty Program sendiri merupakan sebuah wadah bagi para pakar keamanan atau “White Hacker” untuk bisa mendapatkan imbalan setelah menemukan dan melaporkan bug pada perusahaan terkait.

Anand Prakash,Pria asal India yang berprofesi sebagai pakar keamanan internet baru saja mendapat ganjaran dari Uber senilai $5000 atau kurang lebih 66 juta rupiah berkat laporan bugnya terhadap celah kemanan di aplikasi Uber yang memungkinkan dia atau seseorang yang tahu bug ini untuk bepergian kemana saja dengan uber secara cuma-cuma alias gratis.

Anand sendiri langsung memperlihatkan bug tersebut di channel YouTube miliknya. Terlihat, bug tersebut terjadi ketika dirinya menentukan metode pembayaran. Anand mengganti metode pembayaran dengan string sederhana seperti “xyz” dan kemudian ia bisa melakukan perjalanan kemanapun dengan gratis.

Sementara itu pihak Uber langsung merespon temuan Anand. “Program bug bounty Uber ini bekerja dengan peneliti keamanan di seluruh dunia untuk memperbaiki bug, bahkan ketika mereka tidak langsung berdampak pengguna kami. Kami menghargai kontribusi yang berkelanjutan yang di berikan oleh Anand dan senang untuk membalasnya dengan yang setimpal, “ kata seorang juru bicara Uber.

Anand Prakash sendiri di kenal sebagai Hacker pemburu bug bounty,selain Uber dia juga pernah menemukan bug dengan kategori kritikal pada layanan jejaring sosial facebook. Kini dia menduduki peringkat ke 14 dalam jajaran top hacker pemburu bug bounty Uber.

(andra/sc)

loading…