Puskesmas Canggih Berbasis IT Ternyata Ada Di Kabupaten Probolinggo,Belanda Tertarik Ikut Mencoba.

Puskesmas Canggih Berbasis IT Ternyata Ada Di Kabupaten Probolinggo,Belanda Tertarik Ikut Mencoba.

satucode[dot]com. Banyak anggapan beberapa daerah di Indonesia masih tertinggal dalam bidang teknologi IT alias masih jadul mungkin itu ada benarnya. Namun jangan salah,ternyata di beberapa daerah atau kabupaten di Indonesia sudah ada lho yang menerapkan konsep Digitalisai pada setiap layanannnya.

Di Kabupaten Probolinggo ini salah satu contoh bukti nyata jika sekarang Indonesia sudah mulai Go Digital. Kabupaten yang dikenal sebagai penghasil mangga terbaik di Indonesia itu. sukses mengembangkan sistem layanan kesehatan berbasis IT alias tanpa kertas.

JEMPOL MANCEP LAYANAN CEPET, CEPAT TUNTAS TANPA KERTAS

Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah mengembangkan layanan kesehatan berbasis IT di puskesmas yang berada di wilayah pemerintahannya. Segala bentuk urusan administrasi dilakukan tanpa kertas atau berbasis online.

Sistem ini sudah mulai di uji coba sejak 2013 silam hingga sekarang.Dengan slogan JEMPOL MANCEP LAYANAN CEPET, CEPAT TUNTAS TANPA KERTAS,sistem ini merupakan hasil inovasi layanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas Sumber Asih. Namun, sekarang, sebagian besar Puskesmas di Kabupaten Probolinggo sudah menerapkan sistem layanan ini.

Secara prinsip, cara kerja sistem ini mirip dengan sistem absensi dengan Finger print. Pasien yang datang tak perlu menunjukkan aneka kartu, tapi cukup dengan menempelkan jempolnya di scanner yang disediakan. Begitu jempol tertempel di scanner, nomor antrean pun akan keluar, dan tinggal menunggu panggilan untuk diperiksa dokter, dan selanjutnya mengambil obat.

Manfaat sistem layanan ini bukan hanya dinikmati pasien, tapi juga petugas Puskesmas. Mereka tidak lagi membutuhkan ruang khusus untuk menyimpan tumpukan rekam medik. Semua informasi dalam software dapat digunakan sebagai bahan analis dan pembuatan laporan. Terlebih, aplikasi ini dirancang untuk menyajikan berbagai bentuk laporan secara otomatis.

Berkat pelayanan tersebut, kini Puskesmas Sumber Asih sebagai pelopor sistem inipun banyak menerima kunjungan studi banding dari berbagai wilayah, mulai dari Aceh hingga Papua. Bahkan, ada juga kunjungan studi banding dari Myanmar dan Belanda.

Bahkan beberapa waktu yang lalu  Kabupaten Probolinggo  mendapat kunjungan oleh bidang farmasi dari Univesity Of Sidney Australia, University of Alberta Canada, dan University of Calgary Canada untuk melihat secara dekat sistem kerja layanan berbasis IT di beberapa puskesmas di Kabupaten Probolingo. Wah hebat,semoga daerah-daerah di Indonesia yang lain segera menyusul.

(andrs/sc)

loading…