Ada Kabar Gembira, Sekarang Penjual Sayur Keliling Ada Versi Onlinenya Lho

Ada Kabar Gembira, Sekarang Penjual Sayur Keliling Ada Versi Onlinenya Lho

satucode[dot]com. Toko Online sudah sering kita dengar. Ojek Online juga sudah sering kita lihat. Namun pernahkan anda mendengar Penjual sayur Online ? jika belum, mungkin ini kabar gembira bagi kita semua. karena sekarang penjual sayur akan segera go online.

Setidaknya begitulan konsep yang di usung oleh beberapa mahasiswa asal Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur. Di lansir dari Republika online tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (Filkom UB) yang menamakan dirinya Tim Tahu Telor membuat sebuah aplikasi yang dapat mendukung pemasaran pedagang sayur keliling. Aplikasi ini diberi nama Toko Bergerak Online atau disingkat TOBAGO.

Aplikasi ini sejatinya bukan hanya untuk para pedagang sayur saja,namun bisa di gunakan oleh semua para pedagang keliling yang biasa menjajakan dagangannya di seputaran komplek perumahan. Para pedagang keliling alat-alat rumah tangga ,pedagang makanan keliling atau yang sejenisnya nantinya bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memudahkan mereka menggaet pelanggan.

Adalah Defara Fikry Akmal (Project Manager), Aditya Wisnu Jati Kusumo (User Experience Designer/UXD ), dan Ahmad Kamil Almasyhur (Programmer) ketiganya merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika angkatan 2014 yang berada di balik pembuatan aplikasi online ini.

Ide membuat aplikasi ini muncul karena mereka melihat para pedagang keliling memiliki banyak kendala dalam memasarkan dagangannya.Sering kali karena pedagang keliling tidak memiliki tempat usaha yang tetap maka konsumen yang ingin membeli dagangan atau membutuhkan jasa pedagang keliling akan sulit untuk mencari dan menemukannya.

Meskipun aplikasi ini masih berupa protoype dan belum diujicobakan secara langsung, namun inovasi tersebut telah berhasil meraih  juara 1 kompetisi Technocorner 2017 kategori software development competition yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro dan Teknologi Informasi FT UGM Yogyakarta. Dalam kompetisi tersebut Tim Tahu Telor berhasil unggul atas peserta perwakilan beberapa universitas di Indonesia antara lain ITB, IPB, Politeknik Bandung, BINUS, UII, UNY, dan ITS.

Menurut sang project manager aplikasi ini pada intinya hanya berfokus pada tiga fitur penting di dalam aplikasi dalam memudahkan penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi.

Pertama adalah fitur pencarian yang memungkinkan pengguna dapat mencari pedagang keliling sesuai kebutuhannya.  Di aplikasi ada peta yang memunculkan pula ikon pedagang keliling yang berada pada radius 500 meter dari lokasi pengguna.

Kedua adalah fitur informasi pedagang keliling. Pada fitur ini pengguna tinggal memilih dan meng-klik salah satu ikon pedagang keliling yang ada di peta. Setelah itu, akan muncul informasi lengkap mengenai pedagang keliling tersebut. Antara lain nama, foto, dan nomor handphone pedagang keliling.

Ketiga adalah fitur ping yaitu fitur untuk memanggil pedagang keliling agar menuju ke lokasi pembeli. Setelah calon pembeli memilih fitur ping, maka dari sisi aplikasi penjual akan mendapat daftar permintaan ping.Jika pedagang menerima permintaan tersebut maka penjual harus menuju lokasi calon pembeli. Jika pedagang telah bertemu pembeli dan transaksi jual beli telah selesai, maka ping dinyatakan telah selesai.

(andra/sc)

loading…


12 Responses

  1. StandAloneMaret 27, 2017 at 2:42 pmReply

    Semoga saya bisa seperti mereka

  2. Zona CerdasMaret 27, 2017 at 2:57 pmReply

    wih mantep nih, inspiratif

  3. DandyMaret 27, 2017 at 3:09 pmReply

    sangat bermanfaat

  4. SEMUT HITAMMaret 27, 2017 at 3:31 pmReply

    wah.., teknologi semakin maju aja

  5. ashumzMaret 27, 2017 at 4:56 pmReply

    Semakin hari jaman semakin berubah juga, kira2 nantinya jadi gimana ya. Mungkin ada jasa nikahan online kali ya 😀

  6. Moch MaulanaMaret 27, 2017 at 5:03 pmReply

    kwkwk…ntar pasar hanya tinggal legenda

  7. Hanif ManthiqMaret 27, 2017 at 5:40 pmReply

    Keren.. Mungkin nanti ada wc online hahaa

  8. Soerya CharelMaret 27, 2017 at 6:55 pmReply

    Mantap Nih Sayur Online Emang teknologi semakin canggih

  9. Mavella Wira AgramanggalaMaret 27, 2017 at 7:14 pmReply

    wah ibu saya perlu nih hehehe

  10. WahyuMaret 27, 2017 at 7:18 pmReply

    Mntep nih versi online nya tinggal telpun ajah hehe

  11. mohammad firdausMaret 27, 2017 at 8:04 pmReply

    Mantap gan semakin modern

  12. Wahab SaputraMaret 28, 2017 at 11:06 pmReply

    Ada saja idenya,,, kreatiflah…

Tinggalkan Balasan