Hacker Asal Turki Ancam Hapus 300 Juta User iCloud,Jika Tebusannya Tidak Di Penuhi Apple

Hacker Asal Turki Ancam Hapus 300 Juta User iCloud,Jika Tebusannya Tidak Di Penuhi Apple

satucode[dot]com. Fenomena peretasan yang berlatarbelakang mencari keuntungan secara finansial marak tejadi akhir-akhir ini.Meskipun beberapa perusahaan besar menggelar bugbounty untuk menjadi ajang para para peretas whitehat mencari duit dengan cara yang halal namun bagi sebagian lainnya itu tidak membuat mereka tertarik. Mereka tetap berlindung di baling topi hitamnya dan menggunakan cara cara preman untuk memalak korbannya.

Kali ini nasib sial menimpa salah satu raksasa teknologi, Apple.Di lansir dari TheHackerNews,sekelompok hacker asal Turki yang menamakan dirinya Turkish Crime Family di ketahui telah memiliki akses ke sekitar 300 juta user iCloud dan mengancam akan menghapusnya jika permitaan tebusan sekitar Rp 1 Miliiar dalam bentuk uang virtual Bitcoin tidak di penuhi oleh pihak Apple.

Dalam sebuah wawancara dengan laman Motherboard vice, perwakilan peretas ini mengklalim jika mereka tidak segan untuk menghapus seluruh user icloud yang mereka pegang. Tenggat waktu yang di berikan hingga 7 April mendatang untuk pihak Apple memenuhi permintaan tebusan mereka.Mereka juga menghadirkan sebuah video, screenshots email, dan akses ke akun email yang dipakai untuk menghubungi Apple.

Sementara itu pihak Aplle melalui juru bicaranya mengatakan  “Tak ada kebocoran pada sistem Apple, termasuk iCloud dan Apple ID,Dugaan awal, alamat email dan password akun tersebut diperoleh dari platform lain yang sebelumnya telah berhasil diretas” ujar juru bicara Aplle, seperti dikutip dari Fortune.

Dengan tegas pihak Aplle menolak permintaan pembayaran tebusan mereka dan mengancam balik melaporkan aksi pemerasan tersebut ke pihak berwenang. Ini buka kali pertama Aplle mengalami kejadian seperti ini.Sebelumnya, serangan siber juga pernah dialami oleh iCloud Apple pada 2014. Saat itu, sejumlah akun selebritas diakses peretas dan sejumlah foto pribadi mereka menyebar di internet.Rupanya saat itu masalah keamanan berasal dari lemahnya keamanan pribadi akun iCloud para seleb. Sementara sistem keamanan Apple tak ada masalah.

Untuk itu di sarankan kepada seluruh user iCloud Untuk segera melakukan reset password dan mengganti seluruh password yang terhubung dengan akun iCloud mereka.Hanya untuk berjaga jaga jika ancaman kelompok hacker asal negara kebab  benar benar terbukti.

(andra/sc)

loading…