Lagi,Belasan Remaja Di Ciduk Tim Cyber Crime Mabes Polri

Lagi,Belasan Remaja Di Ciduk Tim Cyber Crime Mabes Polri

satucode[dot]com. Hari ini bertepatan dengan perayaan hari raya Nyepi,Belasan remaja yang di duga komplotan penjahat dunia maya di grebek satuan polisi Cyber Crime Mabes Polri bekerja sama dengan Satuan Reserse Polres Balikpapan pada Selasa siang, 28 Maret 2017.

Salah satu rumah dengan cat warna krem yang beralamat di Kelurahan Damai nomor 12 RT 19, Balikpapan tiba tiba di kepung oleh puluhan polisi berseragam lengkap ditambah dengan beberapa aparat yang berpakaian preman. Sontak warga sekitar yang berada berdekatan dengan Tempat Kejadian Perkara menjadi heboh.

Menurut kata Ketua RT 19 Kelurahan Damai, Balikpapan Kota seperti di lansir dari TribunKaltim mengatakan “Kata polisi mereka itu kayak hacker gitu, mas. Jadi gini, orang beli tiket, mereka transfer. Nah pas transferan mereka cegat. Dikuras itu, dibobol tengah jalan. Yang rugi itu maskapainya, karena gak masuk transaksi ke mereka”

Sejauh ini informasi yang beredar jika para remaja tersebut di ketahui telah menjadi pelaku tindak kejahatan digital penyalah gunaan kartu kredit. Lebih di kenal dengan sebutan carding kejahatan dunia maya ini menyasar para pemilik kartu kredit dan mencuri informasi akun milik mereka meliputi nomor kartu kredit, pin , cvv dan informasi penting lainnya. Biasanya mereka menggunakan teknik yang di sebut sebagai spamming atau mengirim login kredensial palsu untuk menjebak korbannya melalui email.

Saat ini sebanyak 12 remaja terdiri dari 2 wanita dan 10 pria ini  telah di amankan dan masih berada di kantor Mapolres Balikpapan untuk dimintai keterangan lebih lanjut oleh penyidik Bareskrim Mabes Polri. Jika di temukan cukup bukti para remaja ini bisa di kenakan Pasal 35 Jo Pasal 51 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE (informasi dan transaksi elektronik) dengan acaman 12 Tahun penjara dan denda Rp 12 Milliar.

Bukan kali ini saja para remaja tanggung menjadi tersangka pelaku tindak kejahatan penyalah gunaan kartu kredit. pada awal januari 2017 lalu belasan orang juga di tangkap dengan kasus yang sama di sebuah hotel di Bandung,Jawa Barat.

(andra.sc)

loading…