Tahun Ini Indonesia Punya Badan Siber Nasional,Menjaga Kedaulatan NKRI Di Bidang Cyber

Tahun Ini Indonesia Punya Badan Siber Nasional,Menjaga Kedaulatan NKRI Di Bidang Cyber

satucode[dot]com. Memasuki awal tahun 2017  kabar menggembirakan datang dari pemerintah melalui Kementrian Pertahanan Republik Indonesia. Pasalnya wacana pembentukan Badan Siber Nasional kini sedang dalam tahap perekrutan dan di jadwalkan akan terbentuk pertengahan januari 2017 ini.

Hal itu di jelaskan oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, “Kita sudah sekolahkan 50 orang ahli IT. Kita latih dia bela negara 6 bulan karena dia akan pegang rahasia negara, jadi bela negara yang kuat” Demikian kata Menhan.

Rencananya akan ada tambahan 50 ahli IT yang dididik Kemenhan untuk membantu Badan Siber Nasional bentukan pemerintah. Badan Siber Nasional ini akan di bawah tanggung jawab Kemenko Polhukam.

Dia menegaskan Badan Siber Nasional tidak akan tumpang tindih dengan tugas yang berada di Kemenkominfo. Koordinasi lintas kementerian akan dilakukan secara intensif.

“Pasti kerja samalah, BCN mengkoordinasi. Cyber-nya tetap masing-masing, tetap profesional,” imbuh Ryamizard.

Rencana pembentukan Badan Siber Nasional sebelumnya disampaikan Menko Polhukam Wiranto. Badan ini dibentuk karena Indonesia menjadi negara yang gampang terserang kejahatan siber berdasarkan sebuah penelitian pakar siber internasional.

Sementara itu, Menkopolhukam Wiranto menjelaskan alasan mengapa Badan Siber Nasiaonal urgent untuk segera di bentuk “Kalau tak dilawan, ini akan merusak berbagai sistem, di mana sistem hi-tech sudah banyak digunakan di kehidupan kita. E-commerce menggunakan, kemudian person to person juga,semua transaksi online misal e-commerce, perbankan, perdagangan, bursa saham, pasar, peradangan online semua lewat internet. Kalau ada serangan yang nggak bisa kita atasi, ini kan merusak perekonomian masyarakat, maka kita dirikan Basinas,” ujar Wiranto.

Lebih lanjut di jelaskan Wiranto seperti di lasir dari detikcom,Rencananya, Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) akan dijadikan embrio pembentukan Basinas. Basinas akan memperkuat fungsi Lemsaneg.

“Sebagai embrio, Lemsaneg akan kita empowering. Akan kita perkuat,” jelas Wiranto.

(andra/sc)

loading…