Lisensi Windows 10 Akan Semakin Murah Dan Terjangkau.

Lisensi Windows 10 Akan Semakin Murah Dan Terjangkau.

satucode[dot]com. Bukan rahasia umum lagi jika memang produk produk keluaran Microsoft selalu menggunakan lisensi yang lumayan mahal untuk beberapa produk originalnya. Hal itu mungkin yang melatar belakangi mengapa produk Microsoft  yang beredar banyak versi bajakannya. Sekedar informasi saja untuk OS Windows 10 original saat ini biaya untuk memperoleh lisensinya para konsumen harus rela merogoh kocek antara 1,6 juta hingga 2,6 juta rupiah.

Namun di tahun 2017 ini, biaya lisensi sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 10, bisa saja semakin murah. Ini adalah kabar yang cukup menggembirakan bagi para pengguna OS Windows 10.Microsoft disebut sudah menjalin kesepakatan dengan produsen laptop atau 2-in-1 terkait hal itu. Sebagai imbas dari kesepakatan ini, harga perangkat murah bisa saja menjadi semakin murah karena biaya lisensi sistem operasi di perangkat tersebut tidak akan terlalu membebani produsen.

Biaya lisensi yang semakin murah untuk tahun 2017 ini disebut hanya berlaku untuk perangkat murah saja. Sementara untuk perangkat yang tidak termasuk kategori murah, Microsoft tampaknya belum menunjukkan indikasi akan menerapkan kebijakan yang sama. Kebijakan ini sendiri disebut mulai berlaku tanggal 1 Maret 2017 mendatang.

Biaya lisensi Windows 10 untuk perangkat mobile sendiri memang bervariasi. Microsoft akan menetapkan biaya dengan melihat beberapa hal, termasuk form factor, ukuran layar, dan juga posisi harga jual produk yang bersangkutan. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut terkait kategori “murah” yang dimaksud Microsoft, yang berhak mendapatkan biaya lisensi yang lebih murah ini.

Microsoft nampaknya ingin mendorong adopsi Windows 10 di perangkat murah, pasar yang bisa dibilang masih cukup besar, untuk meningkatkan tingkat penggunaan sistem operasi itu. Selama ini, perangkat murah umumnya lebih didominasi oleh sistem operasi dari Google, baik Chrome OS maupun Android.

Biaya lisensi Windows 10 yang lebih murah bisa jadi akan menggelitik produsen perangkat untuk menawarkan perangkat Windows 10 dengan harga yang bisa bersaing dengan Chromebook atau perangkat dengan basis sistem operasi Android.

(andra/sc)

loading…