Situs Website Habib Rizieq Di Blokir. Ini Penjelasan Kemenkominfo

Situs Website Habib Rizieq Di Blokir. Ini Penjelasan Kemenkominfo

satucode[dot]com. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memblokir situs milik ketua Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq yang beralamat di http://www.habibrizieq.com terhitung mulai kamis (01/12/2016) kemarin.

Kemenkominfo melalui Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kemenkominfo Noor Iza,seperti di kutip dari detik membenarkan kejadian itu. “Sebenarnya sudah Sejak 26 November sudah diblokir,” kata Iza. Lebih kanjut di jelaskan oleh Iza pertimbangan pemblokiran ini, situs habibrizieq.com dinilai mengandung muatan yang meresahkan masyarakat. Meski memblokir situs itu, Kemenkominfo menyatakan tak ada masalah dengan sosok Habib Rizieq.

“Ini bukan karena Habib Rizieq-nya, namun karena konten atau materi isi dari websitenya. Pertimbangannya, isinya berpotensi menimbulkan keresahan yang besar di masyarakat,” jelas Iza Noor.Dia menjelaskan, pemblokiran dari Kemenkominfo dilakukan dengan meminta semua penyelenggara jasa internet (PJI/ISP). Meski semua PJI diminta memblokir, namun ada yang sudah melaksanakannya dan ada yang belum.“Yang melaksanakan adalah ISP. Kami me-request ke ISP, tinggal ISP melaksanakan dalam waktu yang cepat atau agak belakangan,” kata Iza.

Noor Iza menyebut pemblokiran tidak hanya dilakukan pada situs Habibrizieq.com, tetapi juga terhadap banyak situs lainnya yang dianggap mengandung ujaran kebencian. Namun Noor tidak ingat dengan jelas situs-situs apa saja yang sudah diblokir. Sebagian dari situs-situs tersebut pun sudah ada yang dibuka kembali.

Sementara itu menanggapi tindakan pemblokiran situs milik Habib Rizieq  dengan pertimbangan dari Kemenkominfo tersebut, Sekjen FPI DKI Novel Bamukmin menilai hal tersebut tidak masuk akal. Menurutnya, jika memang situs tersebut dianggap meresahkan, kenapa tindakan tidak diambil dari dulu.

“Kan sudah ada dari dulu. Mengapa baru ketika ada kasus penistaan agama ini baru diambil tindakan. Itu kalau memang benar-benar meresahkan, lo ya,” ujar Novel.Menurut dia, situs habibrizieq.com bermanfaat bagi umat. Yang keberatan dengan situs tersebut, kata Novel, hanya pihak-pihak tertentu saja.“Kan cuma pendukung Ahok saja yang keberatan,” kata Novel.

Ketika satucode mencoba mengakses situs tersebut melalui ISP Milik Telkomsel memang situs tersebut sudah terkena internet positif dan menampilkan pesan situs tudak dapat di akses karena terindikasi mengandung salah satu unsur pornografi,judi,phising.SARA, dan Proxy. Namun ketika kita menggunakan VPN situs tersebut masih bisa di akses.

(andra/sc)

loading…