Tips Membuat Password Atau Kata Sandi Yang Kuat Namun Mudah Di Ingat.

Tips Membuat Password Atau Kata Sandi Yang Kuat Namun Mudah Di Ingat.

satucode[dot]com. Dunia internet semakin rawan seiring banyaknya aksi peretasan yang dilakukan para pelaku kejahatan digital.Setiap hari selalu saja ada orang yang mengaku menjadi korban dari aksi peretasan di internet.

Terutama bagi mereka para netizen yang aktif di layanan sosial media seperti Facebook,Twitter, maupun Instagram,bahkan terkadang pengguna layanan surat elektronik atau email serta akun akun untuk bertransaksi online seperti Paypal  juga tak luput dari aksi pencurian informasi sensitif terutama password untuk login.

Jika di analogikan secara gurauan password sama halnya seperti celana dalam. Anda harus menggantinya dengan rutin, jangan biarkan orang lain menggunakannya, dan sembunyikan agar orang lain tak bisa melihatnya.Idealnya, password seharusnya tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Namun dalam prakteknya, banyak orang yang memilih membuat password yang mudah diingat, seperti nama, tanggal lahir, nomor telepon, atau kata-kata lain yang mudah ditebak.Password yang paling populer dipakai orang adalah “123456”, “123456789”, bahkan kata “password”.

Mungkin masih segar di ingatan para pembaca sekalian insiden peretasa oleh hacker yang menamakan dirinya Ourmine yang meretas sejumlah kaun akun media sosial pesohor dunia. Salah satunya adalah akun sosmed Linkedin milik CEO Facebook Mark Zuckerberg. Peretas berhasil mengusai akun Linkedin orang nomer satu di Facebook ini dan mengumbar informasi password yang di gunakan yang hanya menggunakan kata “dadada”.

Bagaimana Idealnya Sebuah Password ?

Sebuah password haruslah minimal terdiri dari 6-8 karakter- terdiri dari gabungan huruf, angka, dan simbol.  Selain faktor keamanan server,para pembaca sendiri sebagai pengguna tidak bisa lepas tangan terkait keamanan dan privasi akun.Pasalnya tidak ada sistem yang benar-benar aman, setidaknya itulah prinsip yang dipegang teguh oleh para hacker.Password hanyalah satu diantara banyak faktor yang menjadi benteng pertahanan.

Lalu bagaimana trik mudah membuat password yang mudah diingat namun sulit ditebak? Berikut kami sajikan tipsnya khusus untuk Anda.

Pada intinya semakin panjang password yang digunakan, akan semakin sulit hacker menebaknya. Sebab hacker akan membutuhkan banyak waktu untuk membobolnya, meski dengan teknik yang paling canggih. Sebaliknya, makin sedikit karakter password, makin besar kemungkinan ditebak. Password yang paling banyak dipakai umumnya terdiri dari 6-8 karakter.Namun yang menjadi masalah, tidak semua orang bisa mengingat password yang panjang. Intinya bukan soal panjang pendeknya password, tetapi buatlah kreatifitas. Jadi meskipun password Anda tidak terlalu panjang, tapi tetap sulit ditebak.

Caranya, buatlah frase yang mudah diingat. Misalnya yang menggambarkan tentang diri Anda atau kehidupan Anda. Contohnya “I Falling in Love With Sushi on 2013”. Kemudian ambil huruf pertama dari setiap kata, sehingga passwordnya menjadi: “IFiLWSo2013“.Secara kriteria, password tersebut terdiri dari 11 karakter, huruf besar dan kecil serta angka. Jika ingin pakai karakter simbol, ganti huruf I menjadi simbol “!” agar semakin sulit ditebak.

Satu hal lain yang harus di ingat adalah, ganti huruf menjadi angka atau simbol untuk mempersulit orang lain menebak password Anda. Pernahkah anda melihat tuilsan anak alay beberapa waktu yang lalu yang sempat menjadi hits. Ya… mengganti beberapa abjad menjadi angka mungkin bisa menjadi salah satu alternatif yang patut di coba. tentunya harus lebih dulu menentukan password apa yang akan anda gunakan, selanjutnya anda tinggal mengkonversi atau mengganti bagian huruf dengan angka sesuai yang anda inginkan.

Mungkin cara di atas tidak bisa seratus persen manjur. Karena pelaku kejahatan digital punya banyak modus lain yang bisa gunakan. Namun setidaknya dengan menggunakan password yang sulit untuk di tebak anda bisa sedikit bernafas lega karena dengan begitu akan membutuhkan waktu yang lama bagi para peretas untuk mengambil alih akun akun milik anda.

(andra/sc)

loading…