Rilis Terbaru 2016,10 Negara Dengan Sensor Internet Tertinggi Di Dunia. Indonesia Masuk Urutan Berapa ?

Rilis Terbaru 2016,10 Negara Dengan Sensor Internet Tertinggi Di Dunia. Indonesia Masuk Urutan Berapa ?
satucode[dot]com.  Sensor Internet adalah topik yang sedang tren saat ini. isu ini menyangkut tentang kebebasan setiap orang untuk mendaapatkan informasi dan menyuarakan pendapat melalui sarana digital atau internet. Di beberapa negara pemerintah mencoba untuk mengikat dan membatasi penggunaan internet dengan berbagai macam alasan. Mereka hanya memungkinkan orang untuk melihat apa yang mereka ingin mereka lihat.

 

Menghilangkan kebebasan berinternet tidak hanya terbatas pada memblokir situs-situs yang di anggap anti dengan pemerintah maupun situs situs yang di anggap sebagai situs yang berbahaya karena memiliki konten yang mengajarkan orang lain berbuat kejahatan. Bahkan platform media sosial seperti Facebook dan Twitter adalah salah satu sasaran utama dalam hal pemblokiran oleh pemerintah di beberapa negara,begitu juga dengan beberapa instant messaging seperti WhatsApp, Telegram, juga menjadi korban dari aturan sensor internet di beberapa negara.

 

Setiap Negara yang berbeda memiliki tingkatan yang berbeda dalam melakukan sensor internet di negara mereka.Namun yang paling ekstrim ada di negara-negara seperti China di mana situs-situs seperti Google tidak menemukan tempat mereka di internet.ataupun Negara Korea Utara, negara ini memiliki internet sendiri yang terdiri dari hanya 28 situs .

 

Rilis terbaru Freedom of the net 2016  (FOTN) berdasarkan laporan Freedom House menggambarkan keadaan kebebasan internet di berbagai belahan dunia. Ia mengatakan, sebanysk 67% dari populasi internet di seluruh dunia menggunakan internet yang disensor dalam berbagai bentuk. Freedom House sendiri adalah adalah sebuah organisasi pengawas independen yang didedikasikan untuk perluasan kebebasan dan demokrasi di seluruh dunia yang di dirikan pada tahun 1941.

 

 

Asia menyumbang sebagian besar dari populasi sensor internet yang ketat. Berikut adalah daftar Top 10 Negara Dengan sensor internet tertinggi versi freedom house

 

    Negara                   FOTN Skor

Cina                             88
Suriah                           87
Iran                              87
Ethopia                         83
Uzbekistan                   79
Kuba                            79
Vietnam                        76
Arab Saudi                   72
Bahrain                         71
Pakistan                        69

Lalu bagaimana dengan Indonesia sendiri. Ternyata Kebebasan menggunakan internet di Indonesia masih lebih baik di banding dengan 10 negara di atas. Indonesia menduduki peringkat ke 38 dengan  dengan skor FOTN sebanyak 44%.Hal ini masih jauh lebih baik di banding negara tetangga kita Malaysia yang berada di urutan 29 dengan skor 45% aturan sensor internet yang cukup ketat.

 

(andra/sc)

loading…