Cyber War Jilid 2, Indonesia Versus Myanmar.

Cyber War Jilid 2, Indonesia Versus Myanmar.

satucode[dot]com. Beberapa hari terakhir dunia undergorund tanah air sedang kisruh dengan negara tetangga se-Asean,Myanmar. hal itu adalah buntut dari protes kalangan undergound indonesia atas pembantaian muslim etnis rohingya beberapa waktu silam. Puncaknya adalah hari ini (27/11/2016) ketika sekelompok peretas asal negeri yang terkenal dengan sebutan tanah emas itu  meretas setidaknya 4 website milik pemerintah,BUMN dan website akademik indonesia. kelompok peretas yang menamakan dirinya Myanmar Noob Hacker (MNH) di ketahui meretas sejumlah situs milik indonesia dan menampilkan pesan yang bernada mengejek kalangan peretas tanah air.

Dengan menggunakan tagar #OPMYANMAR sejumlah kalangan Underground tanah air melakukan serangkian balasan. Hingga akhirnya sejumlah situs dengan domain .mm yang merupakan domain khusus Negara Myanmar pun menjadi korban.

Bahkan beberapa peretas tanah air yang nota bene adalah dari kalangan remaja,serentak  melakukan serangan balasan dengan mengandalkan jurus pamungkas yaitu DDoS. Sebuah serangan yang di yakini masih cukup mumpuni untuk mematikan website dengan membanjiri server dengan trafik data yang cukup besar.

Efektifkah serangan itu ? belum ada konfirmasi yang pasti tentang hal itu. Namun sebuah website yang di duga merupakan target serangan  hingga saat ini masih mengalami down hingga tidak bisa di akses. Website Central Bank of Myanmar yang beralamat di http://www.cbm.gov.mm/ hingga kini masih dalam keadaan under attack.

Tidak sampai di situ sejumlah peretas kawakan tanah air akhirnya ikut andil dalam membalas perbuatan para hacker myanmar.sejumlah Peretas yang menggunakan nickname seperti shu1337  , Jinja dan Sultan Haikal berkolaborasi melakukan serangan balik.

Hasilnya situs milik Myanmar Investment & Commercial Bank yang berlamat di http://www.micb.gov.mm/ , serta sejumlah situs milik pemeritah Myanmar lainnya seperti http://www.mali.gov.mm/index.php , http://www.dra.gov.mm/, http://www.micb.gov.mm/, http://www.myancoop.gov.mm/ dan http://www.oag.gov.mm/ berubah tampilan dengan latar warna putih disertai gambar bendera indonesia.Mereka sempat mengarsipkan hasil deface mereka di zone-h dengan alamat http://www.zone-h.org/archive/ip=203.81.81.171

Hingga kini perseteruan antar hacker kedua negara masih berlanjut dan belum ada kata damai.Semoga kisruh antar hacker ini bisa segera berakhir. walapaun bagaimana juga yang menjadi korban adalah website atau situs yang sejatinya tidak ada hubungannya dengan permasalahan mereka.

(andra/sc)

loading…