Tidak Seaman Yang Di Tawarkan, Ternyata Beberapa Produk Apple Rentan Serangan Hacker.

Tidak Seaman Yang Di Tawarkan, Ternyata Beberapa Produk Apple Rentan Serangan Hacker.

satucode[dot]com.  Setelah sebelumnya ramai pemberitaan jika System Operasi milik iPhone bisa di tembus, kini kembali santer beredar kabar jika beberapa produk keluaran Apple inc rentan terhadap serangan oleh para peretas. Beberapa Produk Apple yang sudah IOT (internet of things) salah satunya adalah Apple Tv di kabarkan menjadi target serangan yang memanfaatkan kelemahan pada sistem mereka.

Di mulai dengan kerentanan yang terdapat pada sistem operasi smartphone Apple,iPhone yang menggunakan IOS. Di lansir dari portal hacker kenamaan,thehackernews.com peretas bisa melakukan remote terhadap smartphone anda hanya dengan sebuah file berupa gambar, file PDF maupun file tertentu yang di lampirkan melalui attachment email ataupun  dari situs-situs tertentu.

Sama seperti serangan hacker pada umunya, secara teori hacker hanya mengelabui pengguna untuk membuka file JPEG atau bahkan PDF yang bisa pengguna dapatkan melalui lampiran email atau dari sebuah situs web

Setelah file terbuka, sang hacker dapat mengeksekusi kode berbahaya pada perangkat iOS, dimana kode tersebut akan memberikan mereka akses dan dapat mengambil kontrol penuh atas perangkat. Ini berarti bahwa file dan informasi yang tersimpan di dalam perangkat akan dapat diakses dengan mudah oleh hacker.

Namun kabar baiknya adalah kerentanan tersebut telah di tambal oleh phak Apple dengan mengeluarkan rilis terbaru IOS 10.1 mereka pada  25/10/16 lalu. Rilis terbaru ini juga menambal beberapa bug yang terdapat pada IOS sebelumnya serta kurang lebih 11 jenis kerentanan  keamanan dalam firmware untuk iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Pembaruan Keamanan Untuk Mac, Apple Watch, dan AppleTV

Untuk para pengguna Mac disarankan untuk memperbarui sistem mereka untuk MacOS Sierra (10.12.1), yang meliputi perbaikan keamanan kurang lebih 16 jenis kerentanan berdasarkan CVE yang terdaftar.  Kelemahan mencakup (CVE-2016-4673) penanganan bug pada gambar, penolakan layanan (DoS), kesalahan dalam driver kartu grafis Nvidia,serta bug yang memungkinkan pencurian password pengguna dan eksekusi kode jauh (RCE) yang bisa dipicu oleh file font dan file PDF..

Sementara itu, untuk pengguna Apple Watch dianjurkan untuk memperbarui perangkat mereka untuk watchOS 3.1 , yang mencakup perbaikan untuk 8 kelemahan keamanan, termasuk diantaranya adalah 2 kerentanan dalam profil sandbox yang dapat memungkinkan aplikasi pihak ketiga untuk melihat perpustakaan file gambar dan suara tanpa izin.

Lalu pengguna AppleTV juga disarankan untuk memperbarui perangkat mereka ke tvOS 10.0.1 , yang meliputi patch untuk 10 kerentanan,salah satunya adalah cacat pada CoreGraphics JPEG.

Jadi sangat di sarankan untuk anda para pengguna produk Apple untuk sesegera mungkin melakukan update beberapa perangkat anda,agar terhindar dari aksi para peretas yang dapat merugikan anda di masa akan datang.

(andra/sc)

loading…