Masih Berusia Belasan Tahun, 3 Remaja Ini Buktikan Bisa Jadi Hacker Handal

Masih Berusia Belasan Tahun, 3 Remaja Ini Buktikan Bisa Jadi Hacker Handal

satucode[dot]com. Prediksi sebagian masyarakat yang mengira jika hacker itu adalah mereka tampil urakan,tidak terurus dan selalu menyindiri karena asyik dengan dunia komputernya ternyata tidak seratus persen benar. Hal itu tercermin dari penampilan gemilang tiga remaja masih berusia di bawah 20 tahun yang sukses menjuarai kompetisi white hat hacker, Cyber Jawara yang sukses di gelar di Bali baru baru ini.

Adalah Tim Al Kahfi, sebuah team yang beranggotakan Luqman Hakim Yumnun berusia 17 tahun, Deni Febriyanto berusia 18 tahun dan Faisal Yudo Hernawan dengan usia 19 tahun yang berhasil mematahkan anggapan sebagian masyarakat tersebut.

Ketiga remaja yang saat ini masih tercatat sebagai mahasiswa tersebut berhasil mempecundangi para peserta lain yang rata-rata berusia jauh di atas mereka.Muda dan berbakat, mungkin gambaran tepat untuk para remaja ini yang berhasil meraih peringkat pertama pada kompetisi hacker nasional yang belum lama ini berlangsung.

“Saya nggak menyangka bisa juara, soal dan tantangan yang diberikan panitia cukup sulit. Terutama saat babak ketiga ‘capture the flag’, dua tantangan terakhir tidak bisa kami jawab,” kata Faisal Yudo Hernawan, mahasiswa semester lima Sekolah Tinggi Telematika Telkom Purwokerto.

Atas prestasinya ini, Tim Al Kahfi berhak atas hadiah uang tunai sejumlah Rp 20 juta,  tiket pesawat pulang pergi Jakarta – Tokyo. Selain itu mereka akan dikirim mewakili Indonesia mengikuti Cyber Sea Games untuk tingkat Asia Tenggara.

Kompetisi Cyber Jawara 2016 ini diikuti oleh 152 tim dari seluruh pelosok tanah air, kemudian diseleksi kembali hingga memperoleh 20 tim yang ditandingkan. Terdapat tiga babak, mulai dari mempertahankan server dan menyerang server lawan (Computers Network and Defense), dilanjutkan babak kedua dengan mencari kelemahan sistem yang diberikan oleh panitia alias Penetration Testing (Pen Test), serta yang terakhir adalah menyelesaikan tantangan atau masalah yang diberikan panitia (Capture The Flag).

“Insya Allah kami siap mewakili Indonesia di Cyber Sea Games terdekat”, kata Lukman Hakim Yumnun, mahasiswa semester tiga jurusan informatika Universitas Brawijaya seperti dilansir dari detik.

Semoga dengan terpilihnya mereka sebagai pemenang Cyber Jawara ini bisa menjadi motivasi buat para remaja lainnya yang mempunyai hobby dan skill di bidang hacking untuk bisa menyalurkan hobby dan kemampuanya melalui jalur yang benar.

Mengingat besarnya arus ancaman yang datang dari dunia cyber, pemuda-pemuda seperti tim Al Kahfi ini sangat di perlukan guna menjadi benteng pertahanan indonesia di bidang cyber.

(andra/sc)




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

3 Responses

  1. Zahir AlfatihOktober 12, 2016 at 6:25 amReply

    Wah hebat, semakin hari hari semakin banyak anak bangsa yang berprestasi..

  2. My MastahOktober 20, 2016 at 12:16 pmReply

    ane nyusul aja deh 😛

  3. ilmukuistanaku.my.idOktober 20, 2016 at 5:09 pmReply

    Mantap.. Anak Bangsa Semoga Selalu Sukses!
    Dari Daerah mana tuh orang?

Tinggalkan Balasan