Efek Negatif Kemajuan Teknologi Yang Mengancam Kesehatan Anda

Efek Negatif Kemajuan Teknologi Yang Mengancam Kesehatan Anda

satucode[dot]com. Kemajuan peradaban manusia di tandai dengan berkembangnya teknologi yang makin canggih. Karena pada dasarnya teknologi memang di ciptakan guna mempemudah manusia dalam menunjang segala aktivitas mereka.

Dewasa ini perkembangan teknologi khususnya teknologi smartphone telah menjadikan sebagian orang mengalami kecanduan gadget atau yang di kenal dengan istilah Nomophobia (no mobile phone phobia).

Istilah Nomophobia sendiri secara ringkas dapat di artikan perilaku manusia yang takut akan kehilangan gadget mereka terutama smartphone atau setidaknya kecemasan yang berlebihan karena tidak bisa mengakses gadget mereka.

Istilah ini pertama kali muncul dalam suatu penelitian tahun 2010 di Britania Raya oleh YouGov yang meneliti tentang kegelisahan yang dialami di antara 2.163 pengguna telepon genggam.

Studi tersebut menemukan bahwa 58% pria dan 47% wanita pengguna telepon genggam yang disurvei cenderung merasa tidak nyaman ketika mereka “kehilangan telepon genggam, kehabisan baterai atau pulsa, atau berada di luar jaringan”, dan 9% selebihnya merasa stres ketika telepon genggam mereka mati. Separuh di antara mereka mengatakan bahwa mereka gelisah karena tidak dapat berhubungan dengan teman atau keluarga mereka jika mereka tidak menggunakan telepon genggam mereka

Namun, tahukah Anda bahwa selain akan membuat kita menjadi kecanduan akan gadget ternyata berlama lama bermain gadget juga  bisa mempengaruhi kesehatan Anda, apa saja itu yuk kita simak penjelsannya.

1. Mempercepat penuaan dini

Jika tablet Anda tidak memiliki layar LCD atau LED, sinar UV bisa memantul saat Anda berada di luar ruangan. Ini bisa menyebabkan kulit Anda terbakar dan penuaan dini, kata asisten profesor dermatologi Mount Sinai Medical Center Manhattan, Joshua Zeichner.

2. Nyeri leher

Rata-rata Anda menghabiskan dua sampai empat jam sehari untuk membungkuk dan melihat layar smartphone atau laptop. Menurut Scott Bautch, Ketua Dewan American Chiropractic Association’s Council in Occupational Health, hal tersebut bisa menyebabkan beberapa efek yang dahsyat seperti nyeri leher, peradangan tendon, penuaan dan degenerasi.

3. Penglihatan anda akan semakin memburuk

Menatap terlalu lama layar smartphone, laptop atau komputer menyebabkan mata stres atau tegang sehingga bisa memperburuk penglihatan Anda. Cobalah untuk mengistirahatkan mata selama 20 detik setelah 20 menit melihat layar dan pandang sesuatu dengan jarak 20 meter.

4.  Membuat anda justru merasa kesepian

cobalah untuk berhenti melihat sosial media Anda sejenak. Seperti dikutip laman Goodhousekeeping terus menerus melihat status Facebook bisa membuat Anda kesepian. Sebuah studi menunjukkan bahwa kesepian membuat Anda terus melihat akun Facebook. Cobalah untuk keluar ke “dunia nyata” dengan bertemu teman-teman secara langsung.

Jadi pada intinya pergunakanlah gadget dengan sewajarnya saja. karena semua hal yang kita lakukan jika kita melakukannya dengan berlebihan maka akan berakibat yang kurang baik bagi diri kita sendiri.

(andra/sc)

loading…