The Shadowbrokers, Kelompok Hacker Yang Mengklaim Telah Menghack NSA.

The Shadowbrokers, Kelompok Hacker Yang Mengklaim Telah Menghack NSA.

satucode[dot]com. NSA (National Security Agency) adalah sebuah agensi kriptografi milik pemerintah Amerika Serikat, didirikan oleh Presiden Harry S. Truman pada 4 November 1952.

NSA bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis komunikasi negara lain, serta melindungi informasi milik Amerika Serikat.Secara garis besar NSA adalah lembaga milik pemerintah Amerika Serikat yang bertugas di bidang intelejen dengan menggunakan sumber daya dan teknologi tercanggih saat ini.

Namun kabar mengejutkan datang dari sekelompok hacker yang menamakan dirinya The shadowbrokers yang mengkalaim telah menghack NSA pada senin (15/08/2016) kemarin.

Mereka mengunggah dan memamerkan semua data-data yang telah mereka curi  melalui beberapa jejaring sosial seperti Twitter,Reddit dan Tumblr. Lebih lanjut mereka mengatakan jika mereka berhasil mencuri seluruh cyberweapons milik NSA yang mereka ambil dari salah satu group hacker afiliasi NSA, Equation_Group.

Equation_Group sendiri di kenal sebagai mitra NSA dalam menciptakan tools maupun mencari jejak digital terhadap target tertentu. Dengan di bocorkannya data milik Equation_Group ini sudah dapat di pastikan ini menjadi insiden peretasan high profile di tahun 2016 ini. Bagaimana tidak, kelompok yang biasanya mencari hacker lain kini harus menelan pil pahit jika data-data mereka justru jatuh ketangan para hacker incarannya.

Beberapa pakar keamanan internet mencoba menganalisa kebenaran berita tersebut. Matt Suiche, CEO pada Comae Teknologi , mengatakan ” saya telah menerima sampel bukti dari mereka. namun saya belum mengujinya.Namun jika di lihat sepintas memang ini adalah data dan dokumen resmi milik NSA sejak tahun 2013 “. Sementara itu pihak NSA sendiri masih tutup mulut terkait insiden peretasan yang menimpa mereka.

(andra/sc)

loading…