Forum Game Dota 2 Di Hack, Lebih Dari 2 Juta Informasi Pengguna Bocor

Forum Game Dota 2 Di Hack, Lebih Dari 2 Juta Informasi Pengguna Bocor

satucode[dot]com. Forum game multiplayer Dota 2 di kabarkan telah di hack pada 10 juli 2016 lalu. Namun informasi tentang di retasnya forum game populer tersebut baru di ketahui pada 09 agustus lalu ketika seorang peretas yang tidak mau mencantumkan nickname nya mengunggah kurang lebih 2 juta akun pengguna forum tersebut meliputi username,email,password dan informasi sensitif lainnya di sebuah website khusus yang memajang hasil data breach suatu website, https://www.leakedsource.com/blog/dota

Di kutip dari laman resmi pcgamer peretas mengunggah setidaknya 154 juta lebih informasi pengguna atau lebih dari 80% dari total data yang di dump dan berhasil mengkonversinya dalam bentuk plaintext. Dari infomasi yang beredar peretas menggunakan celah yang sama yang di gunakan peretas ketika mereka mencuri informasi pengguna pada forum komunitas pengguna Linux Ubuntu beberapa waktu yang lalu.

Menggunakan platform dengan cms yang sama dengan forum Linux Ubuntu yaitu vBulletin, website yang beralamat di http://dev.dota2.com  di jebol  dengan memanfaatkan celah keamanan atau kerentanan pada salah satu add ons cms tersebut yang bisa di eksploitasi dengan menggunakan tekhnik sql injection. sebuah teknik lawas dalam dunia hacking website namun cukup berbahaya.

Hingga berita ini di terbitkan belum ada rilis resmi dari pihak Dota 2 mengenai insiden peretasan ini.Jadi buat anda para gamer yang sering nongkrong di forum tersebut  sangat di sarankan untuk segera mengganti seluruh password yang anda gunakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

(andra/sc)

loading…