Apple Siapkan Hadiah USD 200.000 Bagi Para Peneliti Dan Komunitas Hacker Yang Berhasil Menemukan Celah Dalam Produk Mereka

Apple Siapkan Hadiah USD 200.000 Bagi Para Peneliti Dan Komunitas Hacker Yang Berhasil Menemukan Celah Dalam Produk Mereka

satucode[dot]com. Setelah terjadi perdebatan sengit antara FBI dengan Apple.Inc pada awal tahun lalu perihal permintaan FBI untuk membuka kunci  iPhone 5c milik teroris San Bernardino kini akhirnya pihak Apple harus berbesar hati menerima kenyataan jika enkripsi pada produk miliknya berhasil di bongkar oleh Hacker sewaan FBI. Peristiwa itu menjadi tamparan keras bagi pihak Apple yang selalu jumawa dengan mengklaim bahwa produk mereka anti Hack.

Guna menghindari kejadian serupa terulang kembali pihak Apple kini berusaha untuk membuka diri dengan melakukan sayembara atau yang di kenal dengan istilah Bug Bounty untuk mencari segala macam jenis celah keamanan dan kerentanan di setiap produk produk mereka.

Ini bisa di katakan terlambat karena perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi seperti Google , Facebook maupun Microsoft telah melakukan pencarian bug tersebut sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Namun pihak Apple sendiri belum sepenuhnya rela jika teknologi milik mereka di obok-obok oleh para peneliti maupun komunitas hacker. meski mengadakan program Bug Bounty toh nyatanya mereka hanya akan mengundang pihak mana saja boleh ikut serta dalam ajang pencarian bug tersebut. tidak seperti raksasa teknologi lainya yang mempersilahkan siapa saja untuk meng-oprek sistem mereka pihak Apple justru terkesan menutup diri.

Kepala tim keamanan Apple, Ivan Krstic mengatakan perusahaan menyiapkan hadiah hingga $ 200.000 bagi yang berhasil menemukan bug tersebut. Hal itu di katakanya usai pengumunan peluncuruan Bug Bounty tersebut pada Black Hat USA 2016 kamis (04/08/2016) kemarin.

Namun program pencarian bug ini yang rencannya akan di gelar september mendatang hanya boleh di ikuti oleh para peneliti maupun para hacker dari kalangan topi putih saja yang telah menerima undangan dari Apple.

(andra/sc)

loading…