Website bpjs-kesehatan.go.id Di Hack, Peretas Mengunci Website Dengan RansomeWare.

Website bpjs-kesehatan.go.id Di Hack, Peretas Mengunci Website Dengan RansomeWare.

satucode[dot]com. Setelah beberapa bulan yang lalu sempat heboh dengan kemunculan sebuah serangan hacking menggunakan teknik ransome, yang menargetkan website-website online shop besar di seluruh dunia, kini serangan sejenis mulai muncul lagi. Kali ini target serangan tersebut terdeteksi mengancam sebuah situs yang cukup vital di tanah air, http://bpjs-kesehatan.go.id.

Situs milik pemerintah yang sejatinya memuat sejumlah informasi tentang layanan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia kini berubah tampilan (20/08/2016) mulai dini hari. Peretas menampilkan sejumlah kalimat dalam berbahasa inggris yang isinya kurang lebih mengancam pengelola website.

WARNING Why you get this page ? Your webserver has been encrypted with GEMBOX. How to remove GEMBOX ? This GEMBOX have a key to decrypt your files. If you want to decrypt GEMBOX, you must pay 3 BTC to 175JuntriPABWo5iT76U4TKM5AEBniEwgc to get your private key. Dont forget to confirm if you’ve paid to kuncigembox@hotmail.com. Following format : [domain]-[IDTransaction]-[OS] IMPORTANT : Please do not to fucking trying decrypt your file. If you do, You will start new games.  Regards Your partner.

Sepintas peretas menggunakan istilah GEMBOX yang jika artikan bermakna kunci,yang langsung dapat kita simpulkan bahwa memang pelakunya adalah orang indonesia sendiri. Peretas meminta tebusan sejumlah uang dengan metode pembayaran melalui uang virtual bitcoin sebesar 3 btc. Mengacu pada kurs bitcoin yang berlaku sekarang 1 btc = IDR 8.699.100 maka setidaknya pelaku meminta tebusan untuk membuka encrypted ransomeware tersebut sebesar Rp 26.097.300.-

Ransomware adalah jenis malware yang jika berhasil menginfeksi  korbannya maka akan berusaha mendapatkan uang dengan meminta tebusan serta menyandera data para korbannya dengan cara mengenkripsi data tersebut.Ransomware bekerja dengan cara mengacak data sedemikian rupa sehingga data hanya bisa dikembalikan dengan file kunci khusus yang hanya dimiliki pembuat ransomware, sehingga data tidak bisa diakses oleh pemilik data.

Kini kita hanya berharap jika pengelola situs tersebut cepat tanggap dan melakuan perbaikan pada website mereka,mengingat betapa pentingnya website ini bagi khalayak ramai. Ini juga sekaligus menjadi pelajaran berharga bagi para webdev maupun para pengelola sistem untuk lebih aware terhadap keamanan website yang mereka kelola.

Karena kejadian seperti ini bisa menimpa siapa saja tanpa memandang latar belakang korbannya,entah itu website perorangan, website bisnis,maupun website berlatar untuk pelayanan publik seperti bpjs-kesehatan.go.id bisa menjadi korbannya.

(andra/sc)

loading…