Berselancar Internet Makin Aman,Kini Firefox Usung Fitur Keamanan Layaknya TOR Browser.

Berselancar Internet Makin Aman,Kini Firefox Usung Fitur Keamanan Layaknya TOR Browser.

satucode[dot]com. Meningkatnya tingkat kesadaran masyarakat akan keamanan privasi saat menggunakan jaringan internet telah membuat kita mengetahui betapa pentingnya kebiasaan kita saat online supaya tidak diketahui orang lain. Meskipun apa yang kita lakukan saat online bukanlah suatu tindakan ilegal atau melanggar hukum tapi memang sudah sebaiknya kita tidak mengumbar secara terbuka identitas pribadi kita di dunia maya.

Guna menjawab kebutuhan akan keamanan privasi saat browsing, peramban web yang paling banyak di gunakan, Mozilla Firefox , kini berintregasi dengan jaringan peramban TOR guna memberikan pengalaman berselancar di dunia maya menjadi lebih baik dan aman. Hingga saat ini TOR sendiri di nilai sebagai peramban web yang paling aman di gunakan dalam berselancar. Hal itu di karenakan seluruh koneksi yang di gunakan dalam jaringan TOR akan di enkripsi sehingga kecil kemungkinan akan di sadap oleh pihak lain.

Di lansir dari ghacks beberapa fitur baru dalam Browser besutan Mozilla Corporation tersebut adalah dengan di benamkannya fitur traffic-fingerprinting yaitu  teknik yang digunakan untuk melihat lalu lintas web dengan menganalisis pola yang aliran paket data tanpa menghapus enkripsi. Teknik  ini berhasil digunakan untuk memecah lapisan anonimitas pengguna jaringan Tor dan layanan tersembunyi lainnya.

Selain itu terdapat tiga fitur utama yang akan di sematkan pada Firefox versi 50.0 ini

  1. Enumeration of mimeTypes and plugins
  2. Returning 0 for screen.orientation.angle and landscape-primary for screen.orientation.type when apps and websites ask for these information
  3. Removing the “open with” option in download dialog

Hal ini tentu membawa angin segar bagi para pegiat IT maupun anda yang berkutat di dunia undergound. Selama ini Firefox dikenal sebagai browser yang memiliki banyak plugins atau add ons yang dapat di gunakan sebagai tools untuk berbagai analisis data dan penetrtion testing terhahadap suatu sistem website.

Dengan di integrasikannya fitur TOR dalam peramban firefox di harapkan anonimitas anda dalam berselancar di dunia maya semakin terjamin.

(andra/sc)

loading…