Awas, Aplikasi Game Pokemon Go Telah Di susupi Malware.

Awas, Aplikasi Game Pokemon Go Telah Di susupi Malware.

satucode[dot]com. Tingginya animo masayarakat dunia akan kehadiran game berbasis AR (augmented-reality) besutan The Pokemon Company dan Niantic ini membuat pihak pengembang hanya menyediakan aplikasi ini di PlayStore dan dapat di unduh hanya di tiga negara saja, Amerika Serikat,Australia dan Selandia Baru.

Namun para penggila game mobile yang tidak mendapat jatah rilis game ini rupanya tidak kehilagan akal, mereka beramai-ramai mengunduh file APK yang beredar bebas di internet dan menginstallnya di smartphone mereka.

Sebuah laporan terbaru di kutip dari proofpoint.com sebuah firma keamanan internet menyebutkan telah di temukan sejenis malware yang sengaja di susupkan oleh peretas kedalam aplikasi yang di unduh bebas di internet tersebut.

Malware bernama DroidJack tersebut di katakan telah ada sejak tiga hari pasca Game Pokémon Go tersebut rilis pada 4 juli lalu.Sepintas File APK ini tidak berbeda jauh dengan file APK Pokémon Go lainnya,yaitu sama sama sebagai installer game pada perangkat mobile berbasis OS Android. Namun jika anda sudah terlanjur mengintallnya maka sang pembuat malware akan mempunyai kuasa dan kendali penuh atas smartphone anda dan mengakses smartphone anda dari jarak jauh.

Jika anda sudah terlanjur menginstall file APK game Pokémon Go ini anda bisa memeriksa smartphone anda apakah terinfeksi Malware tersebut dengan mengikuti langkah-lahkah pemeriksaan yang di beberkan di blog proofpoint.

Namun anda dapat memeriksa dengan sepintas apakah smartphone anda terkena malware DroidJack ini dengan  mengecek menu Settings Apps Pokemon Go, lalu melihat daftar yang diberikan kepada aplikasi.

Aplikasi yang terinfeksi malware DroidJack menyertakan izin-izin yang sangat banyak dan membahayakan ponsel Anda, seperti merekam suara, membaca daftar panggilan dan kontak, dan bahkan membaca dan mengirim SMS otomatis.

Lalu bagaimana dengan anda, Silahkan periksa smartphone anda, jangan sampai anda menjadi salah satu korban kejahilan para peretas ini.

(andra/sc)

loading…