Artem Vaulin, Pendiri Situs Kickass Torrent Di Tangkap Di Polandia

Artem Vaulin, Pendiri Situs Kickass Torrent Di Tangkap Di Polandia

satucode[dot]com. Jika anda pembaca setia satucode yang gemar mengunduh file dari internet tentu sudah tidak asing lagi dengan instilah torrent. Salah satu situs yang paling populer yang menyedikan file .torrent adalah Kickass Torrent.Namun situs web yang memiliki jutaan database lagu, game, dan film ilegal serta menjadi kiblat para downloader di seluruh dunia di kabarkan mengalami down dan tidak bisa di akses hingga  saat ini.

Di lansir dari hackread, rumor tentang tidak bisa di aksesnya situs Kickass Torrent tersebut di karenakan sang pemilik ,Artem Vaulin di kabarkan telah di tangkap oleh pihak berwenang Amerika serikat pada 20 juli 2016 kemarin.

Vaulin yang merupakan warga negara Ukraina ditangkap dengan tuduhan mendistribusikan link file yang berisi pelanggaran hak cipta, termasuk di antaranya melakukan Money Loundry (pencucian uang). Akibat dari insiden penangkapan ini, situs KickAss Torrent kini diambil alih oleh pihak berwajib  sehingga menyebabkan down dan tidak dapat diakses oleh penggunanya.

Ini adalah upaya yang yang kesekian kali yang di lakukan oleh otoritas yang berwenang Amerika Serikat dalam memburu pria berusia 30 tahun tersebut. Setelah beberapa kali pindah server di beberapa dunia untuk mengelabui petugas agar bisa lolos dalam pengejaran kini akhirnya Vaulin berhasil di amankan di Polandia dengan tuduhan serius pelanggaran hak cipta.

“Dia selama ini membagikan file ilegal melalui situs yang dikelolanya. Vaulin juga melanggar hukum karena mendistribusikan materi hak cipta ilegal yang nilainya mencapai US$ 1 miliar,” demikian kata asisten Jaksa Agung Departemen Kehakiman R Caldwell, dalam pernyataanya terkait penangkapan Vaulin seperti di lansir dari The Verge.

Keberhasilan pemerintah Amerika Serikat dalam menangkap Vaulin tidak luput dari peran Apple sebagai pihak yang paling aktif mencari informasi keberadaan Vaulin. Apple sendiri di kabarkan telah memberikan sejumlah rincian informasi pribadinya kepada pihak berwenang sebagai barang bukti dengan mencocokkan alamat IP yang digunakan untuk login ke halaman Facebook KAT dengan satu kali tautan pembelian iTunes.

Di ajukan di Pengadilan Distrik Amerika Serikat di Chigago, pengaduan pidana berbunyi, “Rekaman yang disediakan oleh Apple menunjukkan bahwa tirm@me.com melakukan traksaksi iTunes menggunakan alamat IP 109.86.226.203 pada atau sekira 31 Juli 2015. Alamat IP yang sama dan digunakan di hari yang sama (20 juli 2016) untuk login ke Facebook KAT.”

Torrent merupakan sistem download file dengan menggunakan peer to peer. File torrent yang kita temukan selalu berextensi “*.torrent” dengan kapasitas yang hanya beberapa kilobit. Didalam file tersebut berisi informasi file yang akan di download, mulai dari kapasitas file, jumlah filenya, dan dimana file harus di download.

Jadi file torrent ini bukan file yang sebenarnya, dan file yang kita donwload bukan berada di dedicate server tetapi dari berbagai jaringan komputer peer to peer yang saling terhubung dengan mengunakan aplikasi client torrent. Jadi setiap komputer yang mendonwload file tersebut otomatis menjadi server share buat yang lainnya. Intinya semua komputer saling berbagi antara satu dengan yang lain.

(andra/sc)

loading…