2


satucode[dot]com. Jika Anda penggemar tontonan film Hollywood, pasti tidak asing dengan salah satu tokoh super hero bernama Logan/Wolverine  dalam film x-men. Dikisahkan dalam film tersebut sang super hero mempunyai kemampuan di mana dia mampu menyembukan dirinya sendiri ketika terluka.

Di Masa Mendatang  Layar Ponsel yang Bisa Memperbaiki Retakan dengan Sendirinya
Di Masa Mendatang  Layar Ponsel yang Bisa Memperbaiki Retakan dengan Sendirinya
Berawal dari cerita fiksi tersebut, salah seorang peneliti dari University of California dan University of Colorado Amerika Serikat telah menemukan formula kimia yang dapat di gunakan sebagai layar smartphone yang mampu menyembuhkan atau memperbaiki diri sendiri ketika layar smartphone tersebut retak atau tergores.Ramuan formula untuk baru ini bersifat transparan, lentur/elastis dan bersifat kondusif serta memiliki sifat menyembuhkan diri sendiri. Sebagai ilustrasi,ketika  ini dirobek separuhnya, maka dengan secara otomatis belahan yang robek  tersebut akan menyatu dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Ketika membahas perihal perlindungan terhadap layar smartphone, kebanyakan pabrikan smartphone mengandalkan Corning Gorilla Glass yang saat ini sudah memasuki generasi kelima, dimana lapisan kaca ini terkenal ampuh melindungi layar dari goresan maupun benturan.Namun karena material ini bisa di bilang mahal hanya beberapa produk atau type tertentu saja yang menggunakan material ini sebagai bahan untuk layar smartphone.



Berbeda dengan bahan anti gores yang beredar saat ini yang di klaim mahal, bahan temuan para peneliti ini di klaim murah dalam ongkos produksinya sehingga tentu akan menurunkan harga jual smartphone sehingga lebih terjangkau. Di samping  bertekstur seperti karet dan lembut bahan ini mampu membentang hingga 50 kali lipat dari wujud aslinya. Karena memiliki sifat konduktor atau mudah menghantarkan listrik, material ini sangat cocok untuk digunakan untuk menghasilkan layar smartphone lapisan terluar dengan kemampuan penyembuhan diri sendiri.

Salah satu peneliti di proyek ini, Chao Wang, mengatakan bahwa " kita bisa melihat bahan ini digunakan dalam produksi layar smartphone segera dalam waktu dekat. Namun masih ada banyak yang perlu diselesaikan untuk membuat layar dari bahan tersebut, dan tim harus menguji materi dalam kondisi yang keras seperti kelembaban tinggi "

Temuan teknologi ini akan menjadi salah satu alternatif teknologi di masa mendatang yang di klaim ramah lingkungan. Karena terbuat bahan yang bisa memperbaiki diri sendiri sehingga penggunaan bahan untuk pembuatan smartphone juga akan menurun.Di samping itu temuan ini juga seakan melengkapi temuan sebelumnya dimana salah satu type ponsel keluaran LG, G Flex series,memiliki kemampuan penyembuhan diri dari goresan pada cover belakangnya.
Semoga di masa depan semua type smartphone memiliki kemampuan serupa sehingga ketika smartphone kesayangan kita terjatuh dan retak, cukup kita diamkan saja dan keesokan harinya pasti akan normal dengan sendirinya.(andra/sc)

Poskan Komentar

  1. wah mantep nih makin canggih aja smartphone yah :D

    BalasHapus
  2. anjir smartphone kek gitu di butuhin di sini ;3

    BalasHapus

 
Top